7thJun

Call +628121099347 BERPELESIR KE PULAU KARIMUN YANG MEMANJAKAN MATA

Call +628121099347 BERPELESIR KE PULAU KARIMUN YANG MEMANJAKAN MATA

Kita sebagai warga Indonesia pasti sudah tahu, bahwa Negara Indonesia memilki beragam keindahan, dan kekayaan alam yang begitu berwarna. Mulai dari flora, fauna hingga pertambangan dan segala jenis rempah-rempah. Tak lupa juga beberapa tempat wisata atau pulau-pulaunya yang begitu banyak dan memiliki jenis tempat wisata alam yang memukau. Salah satu keindahan Indonesia yang banyak orang bahkan wisatawan mancanegara kagumi adalah Pulau Karimun.

Pulau Karimun adalah sebuah pulau kecil yang berbatasan dengan Negara Singapura dan Malaysia. Pulau Karimun masih masuk ke dalam Kepulauan Riau, yakni kepulauan yang memang terkenal dengan kindahan alam dan tempat wisatanya yang begitu banyak dan mengagumkan yang banyak diminati oleh banyak para wisatawan dari mancanegara.

Serta banyaknya pantai-pantai cantik yang memperindah mata untuk memandangnya. Memang Kepulauan Riau adalah tempat yang begitu banyak gugusan pulau-pulau yang sangat menarik untuk dikunjungi. Serta banyaknya tempat-tempat asik untuk dikunjungi seperti cafe, resort-resort mewah serta wisata kulinernya yang khas. 

Kedekatan antara Singapura dan Malaysia membuahkan keuntungan sendiri di Pulau Karimun, dengan dijadikannya salah satu tujuan wisata dari mancanegara. Selain sebagai tujuan wisata, Pulau Karimun dijadikan tempat transit untuk pulau-pulau sekitarnya. 
Pulau Karimun mempunyai luas wilayah kurang lebih 139 km persegi. Pulau Karimun berada di bawah administrasi Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau. Sebagian wilayah di Pulau Karimun telah di tetapkan sebagai salah satu tujuan investasi dengan konsep Free Trade Zone dengan Batam dan Bintan, 
Untuk menuju ke Pulau Karimun hanya ada satu-satunya jalur transportasi ya pkitu transportasi laut. Di Pulau Karimun terminal ferry yang digunakan adalah Ferry Terminal Tanjung Balai Karimun. 
Walau Pulau Karimun tak setenar Pulau Batam dan Pulau Bintan. Namun Pulau Karimun juga tak kalah indah dari keduanya. Sebab Pulau Karimun juga memiliki banyak gugusan pulau yang begitu indah dan asik untuk dikunjungi. Apalagi destinasi wisatanya yang juga banyak dimiliki Pulau Karimun. Beberapa di antaranya juga tak kalah cantik dengan tempat-tempat wisata terkenal lainnya.

Seperti beberapa pantai cantik dan beberapa wisata alam seperti gunung serta air terjun, di tambah lagi wisata lainnya seperti wisata kuliner beserta resort-resort yang ada di Pulau Karimun. Beberapa destinasi Wisata Pulau Karimun yang cukup terkenal adalah sebagai berikut. 

1. Pantai Pelawan 

Sumber Gambar :
http://jelajahiya.blogspot.co.id/2015/01/pantai-pelawan-tanjung-balai-karimun.html
Pantai Pelawan adalah Pantai yang cukup banyak dikenal dan juga termasuk pantai terbaik yang ada di Pulau Karimun. Pantai ini memiliki keistimewaan yang terletak pada pepohonan yang tumbuh dengan lebat yang membentang di setiap bibir pantai yang landai. 
Pantai Pelawan terletak di Pangke, Meral, Tanjung Balai Karimun. Di Pangke, sendiri memilki dua pantai dan salah satunya yaitu Pantai Pelawan. Pertama kali berkunjung ka pantai ini kalian pasti akan langsung disuguhi pemandangan yang begitu istimewa. Pantai ini benar-benar memiliki pasir putih yang bersih nan lembut. Serta air lautnya yang jernih dan biru berkilauan. Tempat ini adalah tempat favorit pengunjung pada akhir pekan dan tahun baru, saat kalian ke sini di siang hari kalian juga bisa menikmati suasana pantai di gazebo-gazebo yang telah tersedia di sekitar pantai. 
Banyak sekali fasilitas yang disediakan di pantai ini. Pondok-pondok kecil disekitar pantai, hotel-hotel di dekat pantai dan juga berbelanja ada tempatnya juga di pantai ini. Dijamin kalian akan merasa puas saat berkunjung ke pantai ini. 
Untuk menuju pantai ini jarak tempuh dari pulau Batam mungkin sekitar 45 menit perjalanan.  Sedangkan dari Tanjung Balai Karimun berjarak sekitar dua puluh kilometer. 
Jika ingin bermalam di pantai ini, kalian bisa juga menyewa hotel di sekitar pantai ini. Salah satunya hotel yang ada di Jalan Nusantara, Teuku Umar, Pertambangan.
Kalian juga bisa menikmati bersantap makanan di sini, sebab di sini banyak menyediakan makanan untuk di jual. Jadi kalian tak perlu khawatir akan kelaparan. Jika lupa tak membawa bekal dari rumah. 

2. Pantai Pongkar

Sumber Gambar : http://www.wisatago.com/bahari/pantai-pongkar-karimun/

Pantai satu ini wajib kalian kunjungi saat di Karimun. Pantai Pongkar memiliki pesona tersendiri, kalian bisa melihat indahnya sunrise di pagi hari. 
Letak Pantai Pongkar berada di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun. Dengan jarak kurang lebih sepuluh kilometer dari timur Kota Tanjung Balai. Pantai Pongkar terkenal dengan keindahan alamnya. Pasirnya yang putih bersih serta air lautnya yang menyegarkan. Dipadu dengan perbukitan yang ada di sekitar pantai, dan juga jajaran pohon pinus yang menambah kecantikan pantai ini. 
Beberapa fasilitas juga sudah banyak tersedia di pantai ini. Seperti permainan air saat kalian berkunjung kemari di akhir pekan. Pantai Pongkar merupakan tempat yang nyaman untuk bersantai ataupun berenang. Beraktivitas ringan atapun bermain-main pasir juga bisa kalian lakukan disini.

Apalagi yang paling menyenangkan adalah tidak ada pembayaran tiket untuk masuk ke pantai ini alias gratis. Otomatis liburanmu akan semakin menyenangkan. 

3. Air Terjun Pongkar

Sumber Gambar : http://www.wisatago.com/bahari/pantai-pongkar-karimun/ 

Di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, tak hanya memiliki pantai yang indah, tapi juga memiliki pemandangan alam berupa air terjun yang mengagumkan mata. Yaitu Air Terjun Pongkar. Saat ke Karimun kalian harus mengunjungi tempat satu ini untuk koleksi wisatamu.

Dari Pantai Pongkar, air terjun ini berjarak sekitar tiga kilometer, dan untuk sampai ke sana kalian cukup melakukan trekking sekitar dua ratus meter dari tempat parkir. Jadi cukup mudah dan dekat untuk bisa menikmati indahnya air terjun satu ini.

Air terjun ini memiliki pemandangan yang cukup indah, saat baru datang kemari hawa sejuk pepohonan sudah akan kalian rasakan. Pesona alamnya juga sangat mengagumkan sangat eksotis dan menggoda mata. Kalian juga bisa bermain basah-basahan di air terjun dan merasakan segarnya air terjun yang sangat indah ini.

Sebenarnya tempat ini sangatlah indah hanya saja tidak dikelola dengan baik, jadi terkesan sedikit terabaikan. Namun, meski begitu tempat ini sangat mengesankan dan cocok untuk kalian bisa merasakan keindahan alam yang sangat eksotis. 

4. Coastal Area Tanjung Balai Karimun

Sumber Gambar : http://www.lihat.co.id/wisata/coastal-area-tanjung-balai-karimun.html 

Saat ke Karimun jangan sampai kalian melewatkan satu tempat ini, yaitu Coastal Area Tanjung Balai Karimun. Tempat ini sangat dikenal sebagai tempat yang sangat asyik untuk nongkrong. Tempat ini dalah pusat keramaian yang banyak dikunjungi banyak wisatawan saat berkunjung di Karimun.

Tempat ini adalah tempat yang diandalkan di Pulau Karimun. Daratan hasil reklamasi ini mulai banyak dikenal masyarakat Kepulauan Riau semenjak ada MTQ tingkat Provinsi Kepulauan Riau.

Biasanya tempat ini dijadikan tempat berbagai aktivitas atau serba guna. Seperti foodcourt, lapangan bermain, arena olahraga, tempat pagelaran musik dan tempat diadakan acara keagamaan.

Selain memiliki fasilitas yang cukup lengkap di sini juga terdapat pemandangan yang mengagumkan, untuk kamu yang begitu suka dengan foto selfie maka tempat ini sangat cocok sekali untuk di jadikan background berfoto selfie. Maka pengalaman mengesankan pun akan kalian dapatkan saat kemari. 

5. Makam Sibadang

Sumber Gambar : http://www.telusurindonesia.com/kuburan-sibadang.html

Jika kalian suka dengan perjalanan wisata bersejarah, kalian bisa mengunjungi tempat satu ini, yaitu Makam Sibadang. Makam ini merupakan tempat peristirahatan terakhir seorang hulubalang Kerajaan Riau, Lingga. Hulubalang ini bernama Badang, di masanya ia terkenal begitu gagah dan memiliki kesaktian yang begitu tinggi dan luar biasa.

Dari Buru menuju ke makam Sibadang menempuh perjalanan sekitar satu jam dengan menaiki sepeda motor. Jika kalian baru pertama kali berkunjung ke makam Sibadang, lebih baik kalian meminta bantuan penduduk sekitar untuk mengantarkan ke tempat makam Sibadang. Karena walaupun jalur pertamanya adalah jalan beraspal, namun saat menuju ke lokasi makam, medannya lumayan sulit, kalian harus melintasi jalan setapak dengan kanan dan kirinya dikepung oleh pohon karet milik warga.

Lokasi dari jalan raya memang cukup jauh berada di sekitar kawasan hutan karet, sekitar tiga atau empat meter dari jalan Raya. Kawasannya sangat lapang dan luas. Luas dari kawasan Makam Sibadang sendiri sekitar 30×30 meter. Di sekitar makam terdapat beberapa aneka pepohonan hutan dengan ukurannya yang cukup besar. Dan salah satu pohon besar yang berada di kawasan makam tersebut adalah pohon gaharu, jika dilihat-lihat, pohon tersebut seakan sudah berumur puluhan tahun. 
Di depan bagian makam terdapat sebuah gapura, yang dijadikan sebagai pintu gerbang masuk menuju makam. Tinggi gapura tersebut berkisar kira-kira empat meter lebih. Dan di gapura tersebut juga terdapat kalimat “situs cagar budaya Makam Badang Pulau Buru” warna gapura tersebut berwarna kuning, sama dengan warna pada bangunan utama makam. Tempatnya juga sudah terlihat bersih dan rapi.

Banyak sekali warga yang datang berziarah ke makam ini bahkan warga luar Karimun juga banyak yang berkunjung untuk berziarah di Makam Sibadang ini. Jika berziarah ke sini kalian akan menemukan keunikan, yaitu adanya sembilan buah tongkat kayu yang tergelatak berada di atas pusara makam. Dan dengan tongkat ini biasanya warga melakukan suatu ritual, yaitu mengukur panjang Makam Sibadang.

6. Gunung Jantan

Sumber Gambar : https://jalankemanagitu.com/2014/05/18/jalan-jalan-ke-karimun/gunung-jantan/ 
Bagi kalian penyuka wisata alam pegunungan, kalian bisa trekking ke tempat satu ini. Gunung Jantan merupakan tempat trekking yang juga banyak diminati banyak wisatawan. Kalian akan disajikan pemandangan hutan yang menakjubkan selama trekking dan juga pemandangan hamparan luas di sekitar gunung dapat dilihat dari puncak Gunung Jantan.

Diantara jalur pendakian di Gunung Jantan ini sama dengan rute pendakian ke Air Terjun Pongkar. Letak Gunung Jantan ini berada di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Karimun. 

7. Masjid Agung Karimun

Sumber Gambar : https://singgahkemasjid.blogspot.co.id/2016/10/masjid-agung-karimun.html 

Di Karimun tak hanya berwisata pantai atau pegunungan saja. Jika kalian penyuka wista religi. Kalian bisa mengunjungi Masjid Agung Karimun.

Tempatnya begitu nyaman dan megah, yakin beribadah disini akan membuat kalian nyaman dan khusyuk. Arsitekturnya sangat khas melayu sekali, besar dan megah. Masjid ini merupakan masjid kebanggaan warga di Karimun. Masjid ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Poros, Kecamatan Meral, Karimun. 

8. Pantai Telunas

Sumber Gambar : http://suarakepri.com/pantai-telunas-pulau-sugi-memiliki-alam-eksotis.html 

Pantai yang terletak di Desa Mentangun, Kecamatan Moro, Pulau Sugi, Karimun ini adalah tempat yang sangat fantastis untuk kalian kunjungi. Pantai ini begitu menakjubkan, pasir putihnya dan air lautnya yang jernih akan menghipnotismu untuk terpukau dengan pantai satu ini.

Pantai Telunas ini sangat populer di telinga para wisatwan asing, daripada orang Indonesianya sendiri. Namun, pantai ini memang memiliki keindahan pantai yang tak kalah eksotis nya dari pantai-pantai yang ada di Bintan ataupun Batam.

Terdapat pemandangan perbukitan hijau di sekitar pantai yang menambah kesan menyejukkan untuk dilihat. Pasir putihnya yang lembut serta air lautnya yang begitu jernih dan berkilau saat terkena sinar matahari membuat kalian benar-benar ingin berlama-lama di pantai ini.

Ada beberapa fasilitas lengkap di sini, bahkan adanya fasilitas resort berkelas internasional membuat tempat ini bisa memenangkan sebuah penghargaan Traveller’s Choice Awards, yang diadakan situs traveling terkemuka, Tripadvisor.

Bagi kalian yang ingin bebulan madu pun sangat cocok sekali pergi ke pantai ini. Suasana romantis benar-benar akan kalian rasakan saat berbulan madu kemari. Jadi, kalian akan benar-benar merasakan puas telah memilih pantai inis sebagai tempat yang wajib kalian kunjungi. 

9. Pantai Gading

Sumber Gambar :
http://liputankepri.com/10-tempat-wisata-di-kabupaten-karimun-indah-nan-eksotis/ 

Pantai ini terletak di Desa Tanjung Sari, Karimun. Pantai Gading benar-benar menyuguhkan panorama alam yang masih benar-benar alami dan asri. Diperindah dengan banyaknya batu-batu granit berbagai ukuran yang menyebar di sekitar pantai ini. Pemandangan pantai dan rindangnya pepohonan di sekitar pantai menambah keeksotisan pantai Gading ini.

Pantai Gading memang menjadi tujuan wisata favorit para traveler, apalagi para penikmat pantai. Sebab dengan datang kemari rasa jenuh dan stress bisa hilang dan tergantikan dengan perasaan nyaman dan tenangcukup hari libur banyak sekali rombongan atau para keluarga yang datang berkunjung ke pantai ini, bahkan para pemuda pemudinya juga banyak yang berkunjung untuk merasakan suasana romantis.

Pantai ini memiliki keindahan alami dangan kontur pantai yang landai serta onggokan batu-batu besar sebagai jalan masuknya. Untuk masuk ke lokasi pantai, kalian harus mendaki bukit berbatu yang berjarak kurang lebih sekitar seratus kilometer. Mungkin cukio melelahkan untuk sampai ke sana. Namun, setelah sampai terbayar sudah rasa lelah tersebut dengan keeksotisan Pantai Gading satu ini. 
Tak hanya itu ada keunikan lain saat berkunjung ke pantai ini, yaitu jika kalian datang berkunjunglah pada bulan juli ataupun agustus maka saat berkunjung kalian akan disuguhkan bermacam buah-buahan yang sudah matang, dan enak untuk di santap saat bersantai di pantai. Karena memang pantai ini terletak di Desa Tanjung Sari yang terkenal akan sentra buahnya.

Dan yang paling utama di Desa ini adalah buah Duriannya. Sehingga didirikannya tugu durian setinggi 1,5 meter sebagai ikon di Desa tersebut.

Jika kalian akan ke pantai ini, dari Tanjung Batu Kecamatan Kundur, berjarak sekitar lima kilometer untuk mencapai Pantai Gading. 

10. Pantai Batu Limau

Sumber Gambar : http://www.wisatago.com/bahari/pantai-batu-limau/attachment/utama-wajib-7/ 

Pernahkah kalian mendengar ada Batu yang mirip dengan kehidupan manusia? Aneh sih memang. Apa benar ada Batu yang seperti itu? Ini benar-benar menarik untuk kalian cari tahu. Dan keanehan itu ternyata memang ada loh di Desa Batu Limau, Kecamatan Ungar, Karimun, tepatnya di Pantai Batu Limau.

Di Karimun memang benar-benar memiliki tempat wisata yang sangatlah unik. Mengapa sampai di sebut unik, sebab disini ada sebuah tempat wisata yang akan membuatmu geleng-geleng kepala, tepatnya di Pantai Batu Limau ini. Yang menarik memang adalah batu-batu yang ada di pantai ini yang akan membuat kalian terheran.

Disebutkan bahwa di pantai ini ada batu yang menyerupai bentuk kelamin, dan tidak hanya satu tapi berpasangan. Cukup mencengangkan bukan? Dan inilah yang menjadi daya tarik di pantai ini. Banyak sekali para wisatawan mancanegara ataupun domestik yang datang karena ingin melihatnya secara langsung.

Memang daya tarik pantai ini adalah bebatuan dengan barbagai bentuk yang unik, mulai dari bentuk kelamin pria dan wanita, bentuk bilik kamar, batu lesung, batu pengantin, batu sendok, batu kapal dan batu limau.

Disebutkan memang pantai ini memang memiliki sejarah dibaliknya. Selain batu-batunya yang fantastis, pemandangan alam disekitarnya pun juga sangat indah dan memukau, meskipun air pada pantainya terlihat keruh dan tidak jernih. Namun, keunikan yang ada di pantai ini mampu membuatmu takjub dan tercengang. 

11. Pantai Timun

Sumber Gambar :
https://kundurisland.wordpress.com/2011/10/18/jalan-setapak-berpasir-putih-pantai-timun-poto-kiriman-devi-williardi/ 

Tempat eksotis yang juga wajib kamu kunjungi di Karimun adalah Pantai Timun. Pantai Timun ini memiliki pemandangan yang indah dan menakjubkan, dengan kontur pantainya yang landai dan juga keadaan alamnya yang masih alami serta tempatnya yang sangat mudah diakses membuat kalian akan nyaman berkunjung ke pantai ini. Letak pantainya sekitar kurang lebih satu kilometer dari jalan raya, menghubungkan kota Prayun dan Kota Sawang.

Letak tepatnya pantai ini berada di Desa Gemuruh, Kecamatan Kundur Barat, Karimun. Pantai Timun memang berdampingan dengan Pantai Teluk yang ada di Pulau Kundur. Pulau yang terkenal sebagai pulau terbesar di wilayah Karimun.

Saat sore hari pada saat matahari terbenam adalah waktu yang tepat menikmati indahnya pesona pantai ini. Bahkan suasana romantis pun saat berdua dengan pasangan akan sangat terasa. Yakin kalian akan terpesona dengan kecantikan Pantai Timun ini. 

12. Pantai Tanjung Ambat

Sumber Gambar : http://suherlanda.blogspot.co.id/2013/06/fwonderful-beaches.html 

Letak Pantai Tanjung Ambat berada di Kampung Teluk Dalam, Lubuk Puding, Kecamatan Buru, Karimun.  Akses menuju Pantai Tanjung Ambat juga tidak terlalu sulit, jarak dari pelabuhan Rakyat Pulau Buru hanya sekitar dua kilometer, dan bisa menaiki sepeda motor saat menuju ke sana.

Di jalur masuk menuju pantai terdapat sebuah gerbang dengan tinggi sekitar tiga meter lebih, dan posisi pantai ini persis di jalan raya hingga bagi kamu yang baru pertama kali ke sini akan sangat mudah menemukan Pantai Tanjung Ambat ini.

Pantai ini memang berada di dekat pemukiman warga, tidak heran jika di sepanjang perjalanan memasuki pantai ini banyak ditemui rumah-rumah warga di punggung pantai. Namun jumlah rumah yang berada dekat dengan pantai juga tidaklah terlalu banyak serta jaraknya juga masih lumayan jauh dari pantai.

Pantai ini memiliki garis pantai yang memang tidak begitu panjang, sekitar dua kilometer namun bentangan pasirnya cukup lebar dengan lebar empat puluh meter, jadi sangat cocok untuk kamu yang suka sekali bermain olah raga pantai. Pasirnya juga sangat bersih, putih dan sangat lembut. Disempurnakan dengan jajaran pohon kelapa di sekitar punggung pantai membuat kalian terpesona dengan keeksotisan Pantai Tanjung Ambat ini.

Pantai ini memang tidak begitu terkenal seperti Pantai Pelawan dan Pantai Pongkar, namun perlu diingat kalau pantai ini adalah pantai yang sangat indah bahkan mengalahkan pantai-pantai yang terkenal di Karimun. Dan pantai ini memang masih sangat alami alias belum banyak terjamah orang. 

13. Pantai Lubuk

Sumber Gambar : http://www.panoramio.com/photo/48995622 

Jika kalian ingin mengahabiskan waktu liburan dengan besantai, kalian bisa mengunjungi Pantai Lubuk yang berada di Pulau Kundur,  Karimun. Kalian juga bisa mengajak keluarga atau teman-teman untuk mengunjungi pantai satu ini.

Pantai ini cukup indah dan memesona, dengan ombaknya yang tenang dan cantik akan memanjakan mata kalian saat berkunjung, di beberapa bagian pantai juga terdapat batu-batu datar yang bisa di gunakan untuk duduk-duduk ataupun bersantai menikmati sore hari di pantai ini. Tak hanya itu, kalian juga bisa merasakan lembutnya pasir di Pantai Lubuk dengan berjalan bertelanjang kaki.

Di pantai ini yang menarik adalah di saat cuaca cerah, sebab di sore hari kalian bisa melihat pemandangan sunset yang memukau dan ditemani segarnya air kelapa dan bersantai di pondok-pondok kayu di sekitar pantai. Benar-benar akan memanjakan matamu. Untuk menuju ke pantai ini jarak dari Tanjung Batu sekitar delapan kilometer. Tidak begitu jauh bukan?

14. Pantai Pasir Putih Tulang

Sumber Gambar : http://www.bospedia.com/2015/02/10-tempat-wisata-karimunkepri-yang.html  

Di Karimun juga memiliki pantai yang cukup unik, terletak di Pulau Tulang. Tempat ini bernama Pantai Pasir Putih Tulang. Pantai ini cukup mengesankan dan indah, yang menarik dari pantai ini adalah adanya pohon kelapa yang berjajar rapi seperti sebuah shaff serta adanya gua kecil yang diperkirakan cukup panjang dan adanya batu gajah dan batu kucing. Cukup unik untuk dikunjungi bersama keluarga dan teman-teman.

Pantai ini juga memiliki sejarah sampai-sampai dinamakan pasir putih tulang. Yaitu sejarah di masa Belanda yang dulu suka mengubur tulang-tulang mayat yang telah tewas, namun jangan salah pantai ini tidak semistis sejarahnya, justru pantai ini sangat indah dan memukau mata bagi para pengunjung. 

15. Pantai Berangan

Sumber Gambar : http://www.bospedia.com/2015/02/10-tempat-wisata-karimunkepri-yang.html

Saat liburan panjang telah tiba, kalian dan keluarga bisa mengunjungi pantai satu ini, yaitu Pantai Berangan. Pantai ini memiliki keindahan yang sangat eksotis dan termasuk pantai terbaik yang ada di Kecamatan Moro,  Kabupaten Karimun.

Pantai Berangan juga memiliki air laut yang sangat biru dan bersih. Kalian juga bisa melakukan aktivitas bersantai di pantai ini, dan menikmati keindahan alam yang eksotis di Pantai Berangan ini. 

16. Pantai Sawang

Sumber Gambar : http://www.wisatago.com/bahari/pantai-sawang-karimun/

Pantai Sawang ini letaknya tidak begitu jauh dari Kuala Kampar, Kabupaten Pelawan, Riau. Dilihat dari Kuala Kampar lumayan jelas hingga kalian bisa melihat pemandangan Pantai Sawang ini dari kejauhan.

Di bibir pantai agak menjorok ke Utara. Di pantai ini juga terdapat dermaga dari kayu yang berukuran sedang. Di sana juga terdapat kedai-kedai sederhana yang letaknya persis di tepian pantai diantara kawasan berpesisir dan daratannya. Terbuat dari kayu dan beratapkan seng berbentuk anyaman.

Cukup nyaman ketika kalian makan di kedai sekitar pantai, sambil menikmati pemandangannya yang menakjubkan. Apalagi makanannya sangat beragam dengan harga yang terjangkau.
Untuk masuk ke pantainya kalian tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Sebab ke sana gratis tanpa dipungut biaya. Bagaimana, kalian pasti akan terkesan dengan Pantai Sawang ini. 

17. Pantai Ketam

Sumber Gambar :

https://sitetengku.com/2016/10/10/pantai-ketamikon-wisata-yang-mulai-diminati-masyarakat-karimun/ 

Pantai Ketam terletak di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Karimun. Pantai ini cukup indah. Di tepian pantai terdapat pepohonan rindang yang bisa digunakan untuk berteduh. Terdapat juga tiga pondok untuk pengunjung yang ingin memesan makanan. Dilengkapi dengan fasilitas hiburan berupa jet ski untuk merasakan kerasnya ombak di pantai ketam ini.

Pantai ini memang bersebelahan dengan Pantai Pongkar, hingga sejauh mata memandang dari Pantai Ketam kalian bisa melihat Pantai Pongkar dari kejauhan. Sayangnya pantai ini masih belum benyak terekspos hingga masih belum banyak pengunjung yang datang di pantai ini. Namun, pantai ini sangat indah untuk kalian kunjungi. 

18. Long Beach Seafood Restaurant

Sumber Gambar : https://www.tripadvisor.com/Restaurant_Review-g1165268-d4698341-Reviews-Long_Beach-Tanjung_Balai_Karimun_Island_Riau_Archipelago_Riau_Islands_Province.html

Kalian suka berwisata kuliner? Nah di Karimun kalian bisa berwisata kuliner yang menyajikan beragam makanan seafood dan juga makanan khas Karimun.

Yaitu Long Beach Seafood Restaurant. Tempat yang amat menyenangkan untuk kalian yang suka berwisata kuliner. 

19. Telunas Beach Resort. 

Sumber Gambar : https://www.tripadvisor.com.sg/LocationPhotoDirectLink-g1778353-d566041-i51100695-Telunas_Beach_Resort-Sugi_Island_Riau_Archipelago_Riau_Islands_Province.html 

Jika kalian ingin menginap di Karimun. Ada tempat yang sangat menyenangkan untuk kalian yang ingin beristirahat santai yaitu di Telunas Beach Resort. Resort ini tak kalah dengan resort-resort mewah lainnya. Tempatnya begitu tenang dan sangat nyaman untuk menenangkan diri.

Suasanannya juga cukup romantis untuk kalian yang ingin menginap dengan pasangan. Tempat ini juga baik untuk keluarga yang sedang berlibur dan ingin menginap dan merilekskan diri. Kalian tidak akan menyesal telah menginap kemari dan pastinya akan mendapatkan pengalaman menarik dan mengesankan setelah menginap kemari.

Itulah beberapa destinasi wisata yang menakjubkan di Pulau Karimun. Kalian tidak akan menyesal menghabiskan libur kalian saat ke Karimun. Sebab seperti yang kalian lihat tadi banyak sekali destinasi wisatanya yang begitu unik dan eksotis.

Selain mengunjungi destinasi wisatanya yang menarik. Kalian juga bisa mencoba makanan khas Karimun yang menggugah selera. Jadi belum lengkap jika kalian belum merasakan kuliner khas di Karimun saat berwisata ke sana.

Diantara kuliner di Karimun adalah nasi lemak, nasi lemak ini memang sangat khas dengan lauk melayu, seperti ikan bilis, rendang, ikan asin kering dan sambel terasi.

Tak hanya nasi lemak masih banyak kuliner yang khas di Karimun seperti Laksa dan Lendot. Laksa yang khas di Karimun adalah mie laksa karimun yaitu mie yang terbuat dari sagu dan diberi kuah dan rempah-rempah khas karimun. Sedangkan lendot adalah semacam sayuran dengan kuah yang seperti lendir yaitu sagu yang dihaluskan dan dimasak.

Bagi kalian yang mencicipi masakan khas Karimun pasti akan ketagihan dengan kelezatannya. Kelezatan khas yang kental dengan masakan melayu. Masakan di Karimun memang lebih dominan dengan ikan atau seafoodnya serta bahan dasar dari sagu juga. Namun, rempahnya akan sangat menggugah selera, yakin kalian pasti akan ketagihan dan ingin mencobanya kembali.

Selain kuliner dan wisatanya yang mengagumkan, di Karimun juga begitu banyak budaya dan tradisi yang bisa kita saksikan. Serta masyarakatnya yang ramah dan baik menjadi kesan tersendiri saat berada di Pulau Karimun. Memang Karimun adalah tempat yang paling disukai oleh banyak wisatawan baik itu domestik bahkan mancanegara. Tempatnya memang kaya akan keindahan dan keeksotikan alamnya. Bahkan Pulau Karimun juga dijadikan tempat yang difavoritkan oleh banyak wisatawan.

Bagaimana? Apakah kamu berniat berkunjung ke Pulau Karimun yang sangat mengagumkan? Kalian bisa mengajak keluarga ataupun teman-teman untuk berwisata ke tempat-tempat indah di Pulau Karimun. Dan jangan lupa mengambil beberapa gambar atau foto untuk dijadikan kenang-kenangan saat pulang.

Dijamin kalian akan mendapatkan pengalaman menarik dan menyenangkan saat pulang dari Pulau Karimun. Saat liburan telah tiba cobalah untuk berkunjung di salah satu tempat yang menarik yang ada di Pulau Karimun. Semoga liburan kalian menyenangkan dan berkesan kawan. 

Leave a Comment