Call +6281210999347 – Kuliner dan Wisata NATUNA PULAU INDAH YANG MENJADI REBUTAN

Kuliner dan Wisata NATUNA 

PULAU INDAH YANG MENJADI REBUTAN

Contact : +6281210999347, Wisata Pulau Anambas Kepri Kepulauan Tropis Terindah di Asia

Membicarakan keindahan alam di Indonesia ini memang tidak ada habisnya. Indonesia memanglah memiliki kekayaan alam yang begitu banyak. Salah satu kekayaan alam milik Indonesia yaitu Pulau Natuna. 

Jika kalian asing dengan pulau ini, coba kalian simak penjelasan tentang Pulau Natuna yang keindahannya membuat semua orang terkagum-kagum ini. 
Secara Administratif Pulau Natuna masuk dalam wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).  Dimana Kepulauan Riau memang terkenal dengan pulau-pulaunya yang eksotis dan menarik. Terkenal dengan wisata pantainya yang indah, terumbu karang yang cantik serta kaya akan biota lautnya yang mengagumkan dan lautnya yang bening dan bersih.

Siapa saja yang mendengar nama Kepulauan ini pasti tak luput dari semua itu. Dan salah satu keindahan di Kepulauan Riau adalah Pulau Natuna. 

Pulau Natuna adalah gugusan pulau yang berbatasan dengan Laut Cina Selatan. Gugusan pulau-pulau terluar yang ada di Natuna ditetapkan sebagai batas terluar wilayah Indonesia. 
Pulau Natuna dikenal memiliki kekayaan alam yang begitu luar biasa, serta mengandung kekayaan tambang yang begitu melimpah, seperti pasir, gas alam, serta minyak bumi. Diperkirakan cadangan minyak bumi di Natuna mencapai 1.400.386.470 barel. 
Sedangkan gas bumi mencapai 112.356.680.000 barel. Apalagi Pulau Natuna letaknya berada pada jalur pelayaran Indonesia. Yaitu jalur pelayaran Hongkong, Jepang, Korea dan Taiwan. Sehingga Pulau ini menjadi rebutan. Natuna juga memiliki hewan khas yang diberi nama kekah.

081210999347, 00 Paket Wisata Pulau Natuna Pesona Kepri, Visit Kepri, Tulisan Bermanfaat, Kepri Promotion

Hewan Khas Natuna Kekah atau Prebytis Natunae

Call +6281210999347 - Kuliner dan Wisata NATUNA PULAU INDAH YANG MENJADI REBUTAN
Sumber Gambar : http://natunatour.blogspot.co.id/ 
Kekah merupakan hewan primata yang langka dan hanya berada di Natuna. Kekah juga memiliki nama latin Prebytis Natunae. 
Hewan kekah mengalami ancaman kepunahan yang begitu besar dan serius. Salah satunya adalah ancaman akan kehilangan habitat, akibat konversi lahan dan perburuan. Sebab di kalangan masyarakat kalau hewan kekah ini memiliki nilai jual yang begitu tinggi dan mahal. 
Banyak sekali yang ingin memelihara hewan satu ini. Karena secara morfologi hewan ini sangat lucu dan juga unik. Tubuhnya memiliki bulu berwarna hitam tebal dan diselingi dengan bulu warna putih. Serta di bagian wajah memilki ciri seperti memakai kaca mata. 
Hewan ini sangat mudah sekali jinak serta pemeliharaannya pun juga sangat mudah. Kekah suka sekali memakan berbagai macam makanan seperti nasi, roti, susu, pisang dan sayur-sayuran. 
Kekah juga dianggap sebagai musuh para petani, sebab kekah biasa memakan hasil perkebunan misal buah, umbi-umbian dan sayuran. Karena banyak penggundulan hutan dan pelebaran lahan. Kekah terancam punah karena habitatnya yang mulai berkurang. 
Meski begitu kita harus bisa membuat hewan kekah ini tetap ada sebab kekah merupakan fauna asli yang hanya ada di Indonesia. 
Selain itu ternyata Pulau Natuna juga memiliki julukan, yaitu Mutiara Di Ujung Utara. Sebab keindahan alam Natuna terkenal sangat elok dan luar biasa indah. 
Pulau Natuna memiliki keindahan alam yang masih asri dan kebanyakan belum terjamah oleh banyak orang. Serta memiliki tempat-tempat wisata yang begitu menakjubkan. 
Beberapa tempat wisata yang dimiliki Pulau Natuna adalah sebagai berikut. 

1. Pulau Tiga

Call +6281210999347 - Kuliner dan Wisata NATUNA PULAU INDAH YANG MENJADI REBUTAN
Sumber Gambar : SuaraKepri.com
Pulau Tiga letaknya berada di bagian barat Pulau Bunguran. Pulau Tiga ini merupakan salah satu wilayah kecamatan di Kabupaten Natuna. Untuk menuju ke Pulau Tiga, kalian bisa menumpang kapal kayu berukuran kecil atau disebut dengan pompong. Sebab Pulau Tiga sebagian besar wilayahnya terpisah dengan Kecamatan Bunguran besar hingga untuk ke Pulau Tiga harus menyeberangi laut terlebih dahulu.

Perjalanan dari Pulau Bunguran ke Pulau Tiga tidaklah lama, hanya sekitar kurang lebih lima belas hingga tiga puluh menit perjalanan.

Pulau Tiga ini terdiri dari pulau-pulau besar dan pulau-pulau kecil. Pulau Tiga ini terbilang masih perawan serta memiliki pantai dengan pasir putih dan air laut nya yang bersih. Banyaknya pepohonan yang menyejukkan dan masih asri menambah keindahan Pulau Tiga saat dikunjungi. Bahkan penduduknya juga sangat baik dan ramah. 

2. Masjid Agung Natuna

Call +6281210999347 - Kuliner dan Wisata NATUNA PULAU INDAH YANG MENJADI REBUTAN
Sumber Gambar : http://wisatalova.com/masjid-agung-natuna-taj-mahal-indonesia/ 
Masjid Agung Natuna, terkenal dengan tempat wisata religi termegah di Kepulauan Riau. Masjid ini juga biasa dikenal dengan sebutan Masjid Raya Natuna. Masjid ini begitu megah dan terbesar di Kepulauan Riau.

Bahkan yang membuat menarik dari masjid ini adalah kubahnya seperti kubah Taj Mahal. Masjid Agung Natuna adalah masjid yang menjadi kebanggaan rakyat Natuna. Ornamen-ornamen yang ada di masjid ini terinspirasi dari Al-qur’an.

Bagian tengah dari masjid ini diterangi oleh cahaya alami dari kubah berlukiskan kaligrafi bermotif bunga. Masjid ini memang luar biasa cantik jika dilihat dari segi manapun. Desainnya sangat syarat dengan nilai-nilai filosofis islam. 

3. Pulau Senua

Call +6281210999347 - Kuliner dan Wisata NATUNA PULAU INDAH YANG MENJADI REBUTAN
Sumber Gambar :
https://mynameszawir.blogspot.co.id/2014/10/keindahan-objek-wisata-pulau-senua.html 
Pulau Senua letaknya dekat dengan Ibu Kota Ranai, yaitu di Desa Sepempang.  Perjalan ke sana kurang lebih memakan waktu sekitar lima belas menit. Untuk ke sana kalian bisa menyewa pompong atau perahu dengan ukuran kecil.

Ada sesuatu yang unik jika kalian bepergian ke Pulau Senua yaitu adanya larangan atau pantangannya. Seperti jangan berkata dengan kasar atau bicara kotor, mengumpat dan sejenisnya. Di Pulau Senua terdapat gua sarang walet, selain itu pantai di Pulau Senua ini adalah tempat yang di datangi oleh penyu-penyu yang sedang bertelur.

Jika kalian mau kalian bisa melihat keindahan Kaut Cina Selatan dari atas pulau ini. Kalian juga bisa melihat Gunung Ranai dan daratan utama Pulau Natuna besar. Selain itu kalian juga bisa berwisata snorkeling di pulau ini karena terumbu karangnya yang masih terawat dengan baik. 

4. Tanjung Senubing

Call +6281210999347 - Kuliner dan Wisata NATUNA PULAU INDAH YANG MENJADI REBUTAN
Sumber Gambar : http://www.aftertasteblog.com/2013/02/wisata-natuna-batu-sindu-tanjung.html 
Tanjung senubing adalah pantai dengan bentuk perbukitan,  yang dikelilingi banyak batu granit raksasa. Batu terbesar diantara yang lain bernama Batu Sindu. Letaknya persis di ujung teluk pantai. Batu ini memiliki tinggi 5 lantai dari sebuah gedung, dan ditumbuhi banyak tanaman merambat.

Tanjung Sinubing ini letaknya langsung menghadap ke Laut Cina Selatan. Karna menghadap langsung ke laut, hingga arus di pantai Tanjung Senubing lumayan deras. Dan juga banyak batu-batu curam di sekitarnya hingga tidak dianjurkan untuk berenang.

Namun, ada cara lain untuk bisa menikmati indahnya Tanjung Senubing yaitu dengan bersantai diatas batu-batu granit dan menyaksikan indahnya sunset ataupun sunrise. 

5. Pantai Sahi

Call +6281210999347 - Kuliner dan Wisata NATUNA PULAU INDAH YANG MENJADI REBUTAN
Sumber Gambar : http://www.visitnatuna.com/42/tempat-wisata-di-natuna.html 
Pantai Sahi terletak di Kecamatan Bunguran Timur Laut, Natuna. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu mirip sekali dengan toples. Itulah kenapa pantai ini di sebut Pantai Sahi, karena Sahi berarti toples.

Bentuknya yang lonjong serta adanya lubang atau goa di bagian depan pantai ini, dan terdapat pulau kecil sekitar sepuluh hingga lima belas meter di belakang pantai ini.

Di saat air surut, pantai ini akan menyatu dengan pulau kecil di belakangnya. Jadi kalian bisa saja pergi dengan berjalan kaki atau pun menggunakan sepeda motor.

Namun jika air dalam keadaan pasang, kalian masih juga bisa ke sana dengan cara berenang. Tapi mesti hati-hati dengan karang-karang yang ada di lautnya. 

6. Air Terjun Gunung Hiu

Call +6281210999347 - Kuliner dan Wisata NATUNA PULAU INDAH YANG MENJADI REBUTAN
Sumber Gambar :
http://dikolonglangitnatuna.blogspot.co.id/2011/06/air-terjun-yang-tersembunyi.html 
Air Terjun Gunung Hiu terletak di Bukit Durian, Desa Ceruk, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Natuna. Di sini terdapat beberapa kolam buatan yang berisi ikan-ikan jenis air tawar yang dipelihara. Pengunjung pun bisa memberinya makan dengan pakan yang sudah di siapkan oleh penjaga di sana.
Air Terjun Gunung Hiu memiliki keistimewaan sendiri. Di saat matahari bersinar terik, air di sini tidak akan hangat tapi masih tetap terasa dingin menyejukkan. Di sini juga terdapat fasilitas bermain anak-anak, serta fasilitas outbond di bagian luar. Hingga berwisata ke sini akan terasa menyenangkan. 

7. Alif Stone Park atau Taman Batu Raksasa

Call +6281210999347 - Kuliner dan Wisata NATUNA PULAU INDAH YANG MENJADI REBUTAN
Sumber Gambar : http://www.visitnatuna.com/42/tempat-wisata-di-natuna.html 

Alif Stone Park terletak di Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, Natuna. Alif Stone Park memiliki jutaan bebatuan yang unik. Warna dan bentuknya yang unik membuat kalian terkagum dengan keindahannya. Luas taman ini sekitar tiga hektare. Tidak hanya bebatuan yang ada di sini namun kamu juga bisa menikmati pantai dan pemandangan alamnya yang begitu luar biasa.

Untuk mencapai ke sini dari kota Ranai tidak begitu jauh. Cukup memakan waktu kurang lebih sepuluh sampai lima belas menit dengan cara kendaraan roda dua atau tranportasi lainnya.

Bagi sebagian orang apalagi orang Indonesia sendiri, mungkin masih merasa asing dengan nama Alif Stone Park. Padahal para wisatawan mancanegara seperti Singapura dan Australia dengan kapal yang sering sekali datang ke pulau Natuna. Pemandangan pantainya sangat cantik dengan berhiaskan batu-batu yang tersebar di bagian pantai membuat banyak wisatawan tertarik datang ke sini.

Yang paling unik dan istimewa adalah nama Alif pada salah satu batu di taman batu ini. Sebab di antara batu-batu tersebut terdapat batu yang memilki bentuk seperti huruf Alif, itulah mengapa di sebut dengan Alif Stone Park.

Walau belum ada fasilitas yang memadai tapi kamu bisa merasakan indahnya sunset di antara celah-celah bebatuan dan indahnya panorama alam di sini ketika sore hari. Kamu pun akan ingin kembali lagi setelah kamu mengetahui indahnya pemandangan alam di Alif Stone Park ini. 

7. Pantai Sengiap

Call +6281210999347 - Kuliner dan Wisata NATUNA PULAU INDAH YANG MENJADI REBUTAN
Sumber Gambar :
http://wonderfulnatuna.blogspot.co.id/2015/05/pesona-hamparan-pasir-pantai-sengiap.html 
Menikmati pasir putih dan laut biru yang bersih, di Pantai Sengiap kamu akan menemukannya. Lautnya menghadap langsung pada samudra lepas.  Panjang pantai ini membentang dari Tanjung Sujung hingga Desa Pengadah. Namun kalian harus memakai topi bertepi lebar atau sunblock sebab cuaca di pantai ini sangatlah panas karena tidak ada pohon rindang di sekitar pantai.

Jangan lupa kalian juga harus membawa camilan atau bekal makanan atau minuman saat ke pantai ini. Dan kamu akan di buat takjub oleh keunikan pasir di pantai ini, pasalnya ketika kalian menginjak pesisir pantai ini maka pasir nya akan berbunyi seperti bunyi bisikan. 

9. Pantai Sisi

Call +6281210999347 - Kuliner dan Wisata NATUNA PULAU INDAH YANG MENJADI REBUTAN
Sumber Gambar : http://www.visitnatuna.com/42/tempat-wisata-di-natuna.html 
Pantai Sisi terletak di kecamatan Serasan, Natuna. Panjang pantai ini membentang dari Entebung Kampung Layak hingga Teluk Resak, Kampung Jermalik dengan panjang tujuh kilo meter. Diperindah dengan birunya laut serta deburan ombak yang tenang.

Pantai ini juga memiliki fasilitas yang menarik seperti, alat permainan rakyat, penginapan dan hiburan band-band lokal. Tak lupa juga terdapat bandara dan hotel berbintang.

Potensi wisata di pantai ini sebenarnya sangat besar. Bahkan pantai ini bisa saja menyaingi pantai-pantai yang sudah terkenal di Indonesia. Perjalanannya untuk ke sana haruslah menempuh jalur laut dari Ranai ke Serasan dan memakan waktu sekitar sepuluh hingga sebelas jam. 

10. Pulau Sedanau

Call +6281210999347 - Kuliner dan Wisata NATUNA PULAU INDAH YANG MENJADI REBUTAN
Sumber Gambar :
http://halamankepri.blogspot.co.id/2016/10/pulau-sedanau-kota-bermarwah-natuna.html 
Pulau Sedanau adalah sebuah bidang tanah yang lebih kecil dari benua. Dan dikelilingi oleh lautan luas, letaknya di Natuna, Kepulauan Riau, di sebelah barat pulau Bunguran.

Pulau ini dikenal dengan kekayaan sumber daya alamnya, seperti ikan dan terumbu karang. Pulau ini sangat unik walau kecil namun Pulau ini terkesan begitu modern. Meski di atas permukaan laut namun, jalan-jalannya sudah teraspal dengan cantik.

Tata kota di Pulau Sedanau ini sangat memikat, rumah-rumah begitu rapi elegan dan cantik padahal hanya terbuat dari kayu.

Di sini kalian bisa melihat pemandangannya yang memukau,  laut dengan warna biru kehijauan yang luas. Diatas laut cantik itu terpasang keramba-keramba dan rumah-rumah penduduk serta rumah budidaya ikan sebagai mata pencaharian penduduk sekitar.

Untuk ke sana kalian harus menaiki feri cepat dari Bunguran menuju Sedanau, kurang lebih memakan waktu sekitar tiga puluh menitan. 

11. Pantai Pasir Marus

Call +6281210999347 - Kuliner dan Wisata NATUNA PULAU INDAH YANG MENJADI REBUTAN
Sumber Gambar : https://twitter.com/disparbudnatuna 

Pantai Pasir Marus letaknya berada di Kecamatan Bunguran Barat, tepatnya di Pulai Sedanau, Natuna. Pantai ini terkenal sebagai obyek wisata paling utama di Pulau Sedanau.

Untuk ke sana, dari Natuna harus lah naik kapal feri terlebih dahulu menyeberang ke Pulau Sedanau. Kemudian kalian bisa berjalan kaki menuju Pantai Pasir Marus. Saat perjalanan dengan kapal feri, kalian akan disuguhi berbagai macam keindahan yang terbentang di depan mata.

Banyaknya pohon bakau atau mangrove di sekitar dan saat di laut lepas kalian akan melihat indahnya laut yang dihiasi banyak pulau-pulau di sekitar Natuna.

Pantai ini memang tidak begitu panjang, hanya sekitar lima ratus meter saja. Namun meski begitu, pantai ini sangatlah elok. Pasirnya putih dan bersih serta lautnya yang biru memukau.

Kedalaman lautnya sangat landai, jadi sangat cocok untuk anak-anak yang ingin berenang di laut dan tidak membahayakan. Udaranya juga begitu segar, membuat kalian akan betah berlama-lama di sini. 

12. Pantai Batu Kasah

Call +6281210999347 - Kuliner dan Wisata NATUNA PULAU INDAH YANG MENJADI REBUTAN
Sumber Gambar :

https://www.otonomi.co.id/foto/ragam/susunan-batu-granit-wsata-pantai-batu-kasah-kabupaten-natuna-161101e.html 

Letak Pantai Batu Kasah berada di Kecamatan Bunguran Selatan, memiliki panjang pantai sekitar lima kilo meter. Di permukaan pantainya hampir di selimuti oleh pasir putih. Saat laut pasang bibir pantai sampai tepian batas laut mencapai sekitar sepuluh hingga lima belas meter. 
Di sana juga terdapat ribuan pohon rindang. Dan pohon kelapa yang tinggi menjulang. Pantai ini masih terbilang sangat alami, dengan air laut yang jernih dan bersih membuat kalian akan sangat senang sekali dan ingin segera meceburkan diri ke laut.

Yang paling menakjubkan dari pantai ini adanya banyak susunan batu granit yang melengkapi keindahan pantai ini. Dengan bermacam bentuk batu mulai dari lonjong, bulat bahkan segitiga. 

Dipantai ini kalian bisa juga memancing, biasanya orang yang hobi memancing pasti akan ke pantai ini untuk memancing. Sebab di sini juga terdapat banyak jenis ikan tangkapan, jadi memancing pun akan pasti membuahkan hasil. 

13. Pantai Teluk Buton

Call +6281210999347 - Kuliner dan Wisata NATUNA PULAU INDAH YANG MENJADI REBUTAN
Sumber Gambar :
http://www.imgrum.org/user/wisata_natuna/2004109511/1122385856528024359_2004109511 
Pantai Teluk Buton terletak di Kecamatan Bunguran Utara. Pantai ini terkenal dengan panoramanya yang indah, akses jalan ke pantai ini juga cukup mudah.

Pantai di sini juga begitu indah, bisa memandang bentangan pasir putih sejauh mata memandang, laut biru yang bersih dan luas. 

14. Pantai Tanjung

Call +6281210999347 - Kuliner dan Wisata NATUNA PULAU INDAH YANG MENJADI REBUTAN
Sumber Gambar : http://wisatalova.com/keindahan-pulau-natuna-si-cantik-yang-jadi-rebutan/ 
Pantai Tanjung berlokasi di Kecamatan Bunguran Timur Laut, Natuna. Pantai ini memiliki garis pantai sekitar tiga kilometer, dan memiliki lebar pantai sekitar empat puluh hingga seratus meter. 
Kalian akan benar-benar di suguhi pemandangan alam yang eksotis di pantai ini.

Di bagian barat pantai kalian bisa melihat indahnya pemandangan gunung Ranai. Dan di sebelah Timur kalian akan disuguhkan pemandangan laut dan Pulau Senua. 

Pantai Tanjung ini adalah obyek wisata yang sudah lama ada, namun memang pengelolaannya masih belum baik. Sarana dan prasarana yang ada di pantai ini masih sama saja hanya berbeda dengan ditambahkannya fasilitas toilet.

Fasilitas di sini tak hanya toilet namun, juga terdapat gazebo-gazebo. Serta ada beberapa warung makan yang didirikan oleh masyarakat sekitar.

Sudah banyak penjual makanan di sekitar pantai ini, apalagi makanan khas yang ada di Natuna. Misalnya tipeng mando, kernas, pak ipok dan lainnya tak luput ada juga penjual kelapa muda dengan harga yang cukup di kantong. 

15. Air Terjun Gunung Ranai

Call +6281210999347 - Kuliner dan Wisata NATUNA PULAU INDAH YANG MENJADI REBUTAN
Sumber Gambar : 
http://sumber.com/jalan-jalan-kuliner/berita-terkini-jalan-jalan-kuliner/tag/Air%20terjun.html 
Tak hanya pemandangan pantainya yang memukau, di natuna juga terdapat pemandangan alam yang sangat menakjubkan, yaitu Air Terjun Gunung Ranai. Terletak di Desa Ranai Darat, Natuna. Jarak tempuh dari kota Ranai sekitar tiga kilometer dengan menggunakan kendaraan serta jalan setapak atau kalian harus melakukan jalan kaki sepanjang satu kilometer. 
Air Terjun Gunung Ranai, memiliki potensi besar untuk di kembangkan. Sebab tempatnya yang masih asri dan alami. Kawasannya dipenuhi banyak pohon-pohon yang masih rindang dan besar, debit airnya tidak pernah kering meski musim kemarau.

Dalam perjalanan ke Air Terjun, kalian akan menemukan banyaknya kera-kera liar namun tidak berbahaya. Meskipun belum dikelola oleh pemerintah setempat, namun pemandangan di sana sudah bagus dan nyaman. Karena sudah di kembangkan sendiri oleh masyarakat sekitar. Dan semakin hari pengunjung semakin bertambah. 

Itulah tempat-tempat indah yang bisa kalian kunjungi saat ke Natuna. Walau ada beberapa tempat yang masih belum dikelola dengan baik, dan pengembangan hanya dilakukan oleh masyarakat sekitar. Namun tempat wisata di Natuna sangatlah menakjubkan.

Apalagi bila pemerintah setempat mau mengembangkannya. Sudah pasti tempat-tempat wisata di Natuna akan seperti surga paling indah di Indonesia. Dan tidak akan kalah dengan tempat-tempat wisata lainnya, seperti Kuta, Lombok, Raja Ampat, ataupun Bunaken. 

Selain tempat-tempat wisatanya yang memukau mata. Ternyata Natuna juga memilki kuliner yang khas, yang akan membuat lidahmu ketagihan untuk terus makan lagi dan lagi. Bahkan sekali mencoba kamu pasti langsung jatuh cinta pada masakan khas di Pulau Natuna ini. Apa sajakah itu? 

1. Kernas

Call +6281210999347 - Kuliner dan Wisata NATUNA PULAU INDAH YANG MENJADI REBUTAN
Sumber Gambar :
http://widyastutisanwilastra.blogspot.co.id/2014/12/makanan-khas-natuna-kernas.html

Makanan bernama kernas ini terbuat dari bahan ikan dan sagu. Memang bentuknya tidak seberapa enak dilihat, namun setelah menyentuh lidah, yakin makanan ini akan menjadi makanan yang nempel di hati kalian saat memakannya.

Apalagi ikan yang digunakan adalah ikan yang masih segar jadi sudah pasti fresh dan sangat lezat. 

2. Latoh Silong

Call +6281210999347 - Kuliner dan Wisata NATUNA PULAU INDAH YANG MENJADI REBUTAN
Sumber Gambar :
https://mynameszawir.blogspot.co.id/2014/11/makanan-khas-natuna-latoh-silong_21.html 

Mau makanan seperti makanan di Jepang, yang disajikan secara mentah namun tetap enak? Di Natuna juga ada yaitu Latoh Silong. Bagi yang belum pernah mencoba, mungkin terlihat sedikit aneh dengan makanan yang satu ini.

Latoh sendiri adalah jenis tanaman laut yang disebut Anggur Laut, karena memang bentuknya yang mirip seperti buah anggur

Latoh Silong biasanya memang di sajikan dengan sambal cabai hijau yang menggoda. Bahkan Latoh Silong dipercaya sangat baik untuk kesehatan. 

3. Tipeng Mando

Call +6281210999347 - Kuliner dan Wisata NATUNA PULAU INDAH YANG MENJADI REBUTAN

Sumber Gambar : http://www.visitnatuna.com/31/makanan-khas-natuna.html 
Tipeng Mando adalah makanan khas Natuna yang bahan dasarnya adalah tongkol, biasanya di campur dengan kelapa dan disajikan dengan sambal khusus yang menggugah selera. 

4. Pedok atau Pedek

Call +6281210999347 - Kuliner dan Wisata NATUNA PULAU INDAH YANG MENJADI REBUTAN
Sumber Gambar : http://www.visitnatuna.com/31/makanan-khas-natuna.html 

Ternyata di Natuna juga memiliki sambal yang khas milik Natuna sendiri yaitu Pedok atau Pedek. Sambal ini terbuat dari ikan teri yang di goreng, memiliki rasa yang khas antara gurih dan asin. Pedok/Pedek ini sangat mudah di jumpai di wilayah sekitar Natuna. 

5. Calok atau Cancalok

Call +6281210999347 - Kuliner dan Wisata NATUNA PULAU INDAH YANG MENJADI REBUTAN

Sumber Gambar : http://www.imgrum.org/tag/calok

Makanan ini dalah makanan sejenis sambal yang berbahan dasar udang kecil. Rasanya khas udang dengan rasa asin yang gurih. Lebih enak lagi calok biasanya di tambah cabai dan penyedap rasa. Pasti kamu akan ketagihan setelah memakannya. 

6. Lakse

Call +6281210999347 - Kuliner dan Wisata NATUNA PULAU INDAH YANG MENJADI REBUTAN
Sumber Gambar : https://sikaiueo.blogspot.co.id/2016/09/lakse-makanan-khas-melayu.html 
Lakse adalah makanan khas tradisional Natuna. Makanan ini terbuat dari bahan dasar berupa tepung sagu dan campuran ikan tongkol dan ikan teri. Di tambah lagi dengan bumbu rempah-rempah ciri khas kota Natuna. 

7. Nasi Dogong

Call +6281210999347 - Kuliner dan Wisata NATUNA PULAU INDAH YANG MENJADI REBUTAN

Sumber Gambar : http://www.visitnatuna.com/31/makanan-khas-natuna.html

Makanan ini juga merupakan kuliner khas dari Natuna. Namun sebenarnya makanan seperti ini bisa saja kalian jumpai di luar negeri tepatnya Malaysia. Namun daripada jauh-jauh sampai ke luar negeri di Natuna sudah bisa kalian jumpai. Nasi ini memang sangat mirip dengan nasi campur atau nasi uduk namun dengan rempah khas Natuna. Bagi kalian yang baru saja merasakannya pasti akan ketagihan dengan makanan khas Natuna yang satu ini.

Itu dia makanan khas Natuna yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Pulau Natuna. Jangan sampai melewatkan wisata kuliner tersebut saat berwisata ke Natuna. Dijamin sekali menyantap dan mencobanya kalian akan langsung ketagihan dan ingin makan makanan khas Natuna ini. Kebanyakan memang terbuat dari bahan ikan laut, dikondisikan dengan pencaharian utama masyarakat Natuna yang kebanyakan adalah nelayan. Sehingga makanan khas pulau Natuna kebanyakan adalah berbahan dasar ikan laut atau makanan yang berasal dari laut.

Selain memiliki kekayaan alam yang luar biasa serta kulinernya yang menggugah selera. Ternyata Natuna juga merupakan Sumber kekayaan akan budaya, baik kesenian,sejarah ataupun cagar budaya, Natuna memilki kekayaan tersebut. Pantas jika Natuna diperebutkan oleh negara lain.

Karena Natuna adalah tempat yang strategis yaitu sebagai tempat transit perdagangan dari berbagai Negara. Makannya Natuna banyak memiliki kerajinan atau kesenian yang beragam bentuk. Dan kesenian itu masih di pelihara dari waktu ke waktu. Kesenian tradisional di Natuna dari zaman dulu memiliki pencampuran seperti Cina, Siam Melayu, Arab. Misal mendu, berdah, zapin, ayam sudur, hadrah dan lain sebagainya.

Jadi selain kalian bisa menikmati indahnya pariwisatanya dan kulinernya. Kalian pun bisa belajar kesenian di daerah Pulau Natuna. Berbagai macam keunikan dan keindahan banyak dimiliki di Natuna ini. Misalnya kesenian Mendu

Kesenian Mendu ini biasanya dimainkan secara kolosal selama tujuh malam. Dahulu masyarakat menggunakan syeh-syeh dari orang kayangan. Syeh-syeh itu di bangkitkan atau dipanggil oleh orang kaya maddun atau seorang bangsawan. Sebab bermain dengan syeh atau orang halus bisa membuat banyak masyarakat tertarik untuk melihat dan mendengar alat musik serta nyanyian madun.

Dalam kesenian ini panggung hanya dibuat sederhana. Atap panggung hanya terbuat dari daun sagu sedangkan batasan kiri dan kanan dibuat dari daun kelapa, bunga daun gading dan daun pinang. Serta beberapa anyaman ketupat yang menghiasi setiap tempat terutama pada tempat duduk yang disebut sebagai dewa madun, ia berlandun, memberi titah dan sebagainya.

Kesenian Mendu menceritakan sebuah kisah dongeng yaitu di kerajaan Antapura dipimpin oleh seorang Raja bernama Raja Langkadewa. Raja ini memilki seorang Putri yang begitu cantik saking cantiknya hingga terkenal kemana-mana. Nama Putri tersebut dalah Siti Mahdewi.

Kecantikannya tersebar luas hingga terdengar oleh seorang raja bernama Raja Laksmalik. Dan dipinanglah sang Putri oleh Raja Laksmalik. Namun pinangan itu ditolak oleh Ayah sang Putri dan membuat murka Raja Laksmalik. Karena tidak terima atas penolakan tersebut, Raja Laksmalik pun mengutuk sang Putri menjadi seekor gajah putih. Dan sang Ayah melepaskan gajah putih tersebut ke dalam hutan belantara.

Hingga turunlah adik Dewa Mendu lalu menyusul juga Dewa Mendu. Dan mereka bertemu dengan sang gajah putih. Setelah pertemuan yang berlangsung lama, mereka berdua berhasil mengembalikan gajah putih pada wujud aslinya. Kemudian mereka berselisih untuk mendapatkan sang Putri karena terpikat oleh kecantikan sang Putri. Di akhir kisah, adik Dewa Mendu mengalah dan Dewa Mendu pun berhasil mempersunting sang Putri.

Kesenian Mendu ini menjadi daya tarik tersendiri. Teater ini tidak pernah bisa berhenti untuk terus membuat masyarakat Natuna tertarik. Kalian pun juga akan tertarik dengan kesenian satu ini.

Selain Kesenian Mendu Natuna juga memilki Permainan Gasing Natuna. Permainan rakyat ini sudah ada sejak zaman dulu hingga sekarang. Biasanya permainan ini dijadikan kegiatan rutin masyarakat Natuna. Namun, permainan ini memang adalah permainan yang sudah mendunia bahkan di berbagai kota di Indonesia. Permainan tradisional satu ini memang sangat simple dan mengasikkan, bisa dilakukan oleh anak-anak ataupun orang dewasa.

Sebelum bertanding, para petanding pergi ke hutan untuk membuat gasing terlebih dahulu. Gasing yang dipakai memang terbuat dari kayu. Biasanya kayu yang dipakai adalah kayu pelawan, kayu gemeris, dan kayu mentingi. Karna kayu-kayu tersebut dipercaya adalah kayu paling kuat. Setelah selesai membuat mereka pun mulai siap untuk bertanding. Permainan Gasing ini memang sangat digemari sekali oleh masyarakat Natuna. Sebab permainan ini memberi hiburan tersendiri di Wilayah Natuna.

Kita sebagai orang Indonesia patut bangga telah memiliki pulau yang memiliki kekayaan alamnya yang luar biasa. Terutama kekayaan tambangnya.

Tempat wisatanya pun juga tak kalah menarik. Tempatnya yang masih alami dan belum banyak terjamah orang membuat tempat-tempat di pulau Natuna terlihat asri. Dan banyak sekali budaya dan kesenian unik yang bisa kalian lihat di Pulau Natuna. Julukan Mutiara dari Utara pun memang tidak salah diberikan pada Pulau Natuna. Sebab memang Pulau Natuna memiliki berbagai keindahan yang unik dan menarik untuk dilihat dan dikunjungi.

Jadi apalagi yang kalian tunggu? Jika hari libur telah tiba apalagi jika libur panjang kalian bisa berwisata kemari dan menikmati beragam kekayaan alam milik Natuna. Mulai dari wisatanya, kulinernya serta budayanya yang begitu menakjubkan. Jangan lupa selalu memotret keindahan alamnya yang fantastis. Untuk dijadikan kenang-kenangan di rumah.

Ajaklah teman atau keluarga kalian berkunjung ke sana, dan mengambil pengalaman atau kesan menarik setelah dari sana. Selamat berlibur sobat. Semoga liburan kalian di Pulau Natuna menyenangkan. 

2 thoughts on “Call +6281210999347 – Kuliner dan Wisata NATUNA PULAU INDAH YANG MENJADI REBUTAN”

Leave a Comment