Kenali Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Bagian Bawah
21stJan

Kenali Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Bagian Bawah

Sakit perut sebelah kanan bagian bawah sering dikaitkan dengan penyakit usus buntu. Kendati demikian, rasa sakit perut di sebelah kanan bagian bawah pada penderita usus buntu kerap disertai dengan beberapa gejala lain, seperti mual, muntah, demam, diare, sembelit, perut bengkak, dan nafsu makan yang berkurang.

Tak hanya usus buntu, ternyata sakit perut di sebelah kanan bagian bawah juga bisa terjadi akibat jenis penyakit tertentu lho. Menurut informasi yang didapat, ada beberapa jenis penyakit yang mana gejalanya berupa rasa sakit di perut sebelah kanan bagian atas. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mending kita simak saja langsung ulasan di bawah ini.

  1. Maag

Penyakit yang satu ini bisa menimbulkan gejala rasa sakit perut di sebelah kanan atas pada si penderitanya. Umumnya, rasa sakit tersebut akan disertai dengan gejala asam lambung naik dan perut terasa kembung.

Sejatinya, penyakit maag bisa diatasi dengan mengonsumsi obat-obat maag yang ada diwarung maupun apotik. Namun, apabila rasa sakitnya berlangsung lebih dari dua minggu, sebaiknya segera periksakan dirimu ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

  1. Gas di Perut

Saat makanan tidak tercerna dengan baik, maka gas akan menumpuk pada usus. Nah, kondisi tersebutlah yang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, sakit perut sebelah kanan, dan terasa kembung. Gejalanya masalah pencernaan ini bianya akan hilang dalam hitungan jam. Jika gejala penyakitnya lebih dari beberapa minggu, bisa jadi hal itu merupakan indikasi terjadi intoleransi laktosa atau penyakit serius lainnya.

  1. Nyeri Haid

Nyeri haid juga dapat menimbulkan rasa sakit perut sebelah kanan bagian bawah, yang biasanya disertai dengan beragam gejala lain seperti rasa tidak nyaman di punggung, kaki, mual, dan sakit kepala. Biasanya gejala akan berlangsung selama beberapa hari sebelum dan selama haid.

  1. Batu Ginjal

Pada beberapa kasus, rasa sakit di perut sebelah kanan bagian bawah bisa jadi pertanda dari penyakit batu ginjal. Gejala penyakit yang satu ini berupa rasa sakit cukup menyiksa di perut bagian bawah, samping, selangkangan, hingga punggung. Tak hanya itu, masih ada lagi gejala lain yang ditimbulkannya seperti kencing terasa sakit, terdapat darah dalam urine, selalu ingin buang air kecil, mual dan muntah.

  1. Infeksi Ginjal

Gejala pada infeksi ginjal diantaranya adalah rasa sakit di perut sebelah kanan bawah, samping, pangkal paha, dan punggung bagian bawah. Namun, tingkat rasa sakitnya tidak separah batu ginjal. Meski demikian, ternyata kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan permanen lho! Gejala lain yang ditimbulkannya berupa mual, muntah, demam, diare dan tidak nafsu makan.

  1. Hernia

Hernia merupakan bagian tubuh yang mendesak pada bagian otot atau dinding jaringan yang lemah, sehingga bisa menimbulkan benjolan berukuran kecil. Penyakit hernia itu sendiri sering muncul di area sekitar perut, dan umumnya tidak membahayakan. Biasanya rasa sakit akan terasa ketika si penderitanya batuk atau saat mengangkat barang yang bobotnya berat.

  1. Penyakit Radang Usus

Penyakit radang usus dapat mempengaruhi semua system pencernaan, yang umumnya memiliki beragam gejala seperti rasa sakit perut di sebelah kanan bawah, penurunan berat badan secara drastis, tubuh sering merasa lelah, perut tersa kembung, dan diare yang disertai darah.

Nah, itulah beberapa penyebab dari timbulnya rasa sakit di perut sebelah kanan bagian bawah.

 

Leave a Comment