Mengunjungi Tempat-tempat Indah Di Wakatobi, Sulawesi Tenggara
21stFeb

Mengunjungi Tempat-tempat Indah Di Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Mengunjungi Tempat-tempat Indah Di Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Mengunjungi Tempat-tempat Indah Di Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wisata Wakatobi

Saat liburan tak ada salahnya berkunjung ke Wakatobi. Wakatobi ini merupakan sebuah kabupaten di Sulawesi Tenggara. Di sini juga terdapat tempat wisata yang sangat mengesankan dan indah untuk dikunjungi.

Nama Wakatobi sendiri yakni sebuah singkatan dari Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia Dan Binongko. Diketahui bahwa diinformasikan dari UNESCO bahwa ada sekitar 750 dari 850 spesies koral yang dimiliki Wakatobi.

baca juga : Tour Bintan

Nah saat kamu sedang berkunjung ke Wakatobi tidak ada salahnya berkunjung ke beberapa tempat di Wakatobi ini. Ini dia beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi.

1. Taman Laut Nasional Kepulauan Wakatobi

Jika kamu pertama kali ke Wakatobi tidak ada salahnya mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Apalagi tempat ini merupakan tempat yang paling direkomendasikan atau yang paling pertama direkomendasikan.

Taman Laut Nasional ini merupakan spot taman laut yang mempunyai beragam spesies dari 25 gugusan terumbu karang yang tersebar di seluruh Daerah Wakatobi. Tempat ini juga menjadi tujuan seru bagi mereka yang suka sekali melakukan snorkeling, menyelam, ataupun diving. Karena di sini memang begitu kaya akan spesies koralnya yang sangat indah.

Dan untuk yang ingin mencari spot snorkeling ataupun diving terdekat kamu bisa datang langsung mengunjungi Pulau Kapota. Selain itu di sini juga terdapat pulau Hoga yang menjadi favorit wisatawan dalam maupun luar negeri. Karena memang memiliki keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan. Oleh sebab itu banyak sekali penyelam-penyelam yang ingin merasakan keindahan bawah lautnya yang luar biasa.

Apalagi air laut di sini juga sangatlah jernih sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

 

2. Wisata Pantai Wakatobi resort

Selain Taman Laut, Wakatobi Resort merupakan salah satu tempat yang sangat direkomendasikan saat kamu berkunjung ke Wakatobi. Letaknya berada di area pantai yang masih asri dan mempesona.

Pulau Onchmobaa-Tomia yang ada di kepulauan Wakatobi menawarkan penyelaman kelas dunia, dimana di sini juga terdapat rumah karang yang sangat keren, dan juga merupakan pantai terindah yang ada di Indonesia.

 

Akses menuju ke tempat menyelam juga tidaklah sulit, apalagi dengan variasi dunia bawah lautnya yang sangat mempesona. Menyelam di sini pun dijamin keamanannya, baik itu untuk penyelam yang masih amatir ataupun yang sudah profesional. Dikarenakan wilayah laut di sini sudah sangat terproteksi dengan baik.

 

3. Molii Sahatu

Jika berkunjung ke Wakatobi sebisa mungkin jangan sampai melewatkan tempat yang satu ini. Tempat ini juga dianggap sebagai tempat seratus mata air oleh warga Wangi-wangi, dan letak tempat ini hanya berjarak 20 kilometer dari Ibukota wangi-wangi.

 

Molii Sahatu dianggap sebagai seratus mata air dikarenakan memang dari dasar pantainya terdapat ratusan mata air yang keluar maka tidak salah kalau namanya pun menjadi seratus mata air.

 

Di sekitar Molii Sahatu juga terdapat objek wisata lain yaitu perkampungan suku Bajo. selain perkampungan suku Bajo juga terdapat wisata Gua Alam yang akan menambah keseruan liburanmu saat berkunjung ke Wakatobi.

 

4. Situs Benteng Keraton Liya Togo

Selain berkunjung ke wilayah pantai. Yang populer dan bisa dikunjungi di Wakatobi adalah Benteng Keraton Liya Togo. Ternyata keraton tak hanya dimiliki Yogyakarta ataupun Solo, namun Wakatobi ternyata juga memiliki keraton lho.

 

Apalagi ternyata benteng yang ada di keraton ini merupakan salah satu benteng terbaik dari 120 benteng kesultanan.

 

Untuk menuju ke Benteng ini kalian bisa langsung datang ke Kecamatan Wangi-wangi selatan.

 

5. Pulau Anano Runduma

Pulau ini merupakan pulau yang cukup unik di Wakkatobi. Di pulau ini akan memberi wawasan lebih bagi para pengunjung yang ada di Wakatobi, dikarenakan di sinilah pusat penelusuran penyu hijau berlokasi.

 

Jika kamu datang pas pada waktu yang tepat maka kamu akan melihat adanya proses pelepasan anak penyu, bahkan kamu sendiri juga akan mengikutinya. Anak-anak penyu yang sudah cukup besar dilepaskan ke laut yang sangat cantik ini, dan aktivitas ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Selain mengunjungi 5 tempat diatas kalian juga bisa melakukan aktivitas-aktivitas menarik selama berada di Wakatobi. Salah satunya kalian bisa melihat pemandangan Wakatobi dari bukit Tomia. Diketaui katanya dulu dari bukit Tomia ini adalah dasar laut, kenapa begitu? Karena adanya banyak karang besar yang ditemukan di bagian tanahnya.

Bukit tomia juga sangat sejuk dan asri, membuat para pengunjung betah bersantai dan berlama-lama di sini.

Sumber : cerita.pxmix.it

Selain melihat pemandangan yang indah, kalian juga bisa melihat atau menonton tarian khas suku Buton. Kalian bisa melihat beberapa jenis tarian, yakni tarian perang suku Buton, dimana anak-anaklah yang biasanya memperagakan tarian tersebut. Tarian ini juga disebut sebagai tarian Eja-eja. Selain tarian tersebut juga terdapat tarian Mborira, dimana dengan latar belakang seorang pria perantau yang pulang ke kampung halamannya dan memilih seorang wanita untuk dijadikan istri.

Makanan Khas Wakatobi

Nah, tak hanya melakukan aktivitas menonton dan menyelam. Saat ke Wakatobi sudah pasti haruslah memakan makanan khas yang ada di Wakatobi. Memang tidak lengkap rasanya jika berwisata tanpa mencicipi makanan khas yang ada di daerah tersebut.

Nah saat ke Wakatobi kalian haruslah mencicipi makanan satu ini yaitu Kasuami. Kasuami ini merupakan makanan pokok masyarakat Wakatobi, dan makanan ini terbuat dari singkong atau ubi kayu yang dimasak dengan cara diparut dengan memanfaatkan cetakan kerucut.

Saat makan kasuami, bisa dihidangkan dengan ikan parende, yakni ikan bakar yang sudah dberi bumbu menggunakan saus belimbing. Selain makanan di atas Lulita Nasi bambu juga sangat lezat, dikarenakan makanan ini proses memasaknya dengan cara dibakar.

Hal yang diperhatikan ketika kita ke Wakatobi

Nah bagaimana seru bukan berlibur ke Wakatobi? Namun saat di wakatobi ada hal-hal yang juga perlu diperhatikan loh. Diantaranya :

a. Selain di wangi-wangi, listrik di pulau lainnya hanya akan menyala dari jam 6 sore hingga jam 6 pagi.
b. Kamu harus membawa lisensi diving agar kamu dapat menikmati kegiatan menyelam sepuasnya.
c. Dan karena masyarakat suku bajo dan Buton rata-rata beragama Islam, alangkah baiknya kamu jangan memakai pakaian yang terlalu terbuka meskipun itu berada di pantai sekalipun.

 

Nah itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan saat ke Wakatobi. Nah, bagaimana? Apakah kalian sudah tidak sabar ingin berkunjung ke Wakatobi? Selain itu jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen yang sangat menyenangkan dan juga berkesan. Agar bisa terus kalian liat setelah sampai di rumah.

Mengunjungi Tempat-tempat Indah Di Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wisata Wakatobi

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa memberi informasi yang kalian butuhkan. Semoga setelah berkunjung atau berekreasi kamu bisa mendapatkan wawasan lebih mengenai apa-apa saja yang ada di Wakatobi serta menambah pengetahuan budaya yang ada di negeri tercinta ini.

baca juga : Khairah Beach

Semoga liburan kamu menyenangkan. Jangan lupa oleh-olehnya loh.

Leave a Comment