Menikmati Wisata Sejarah Candi Borobudur

By:
1 Comment

Menikmati Wisata Sejarah Candi Borobudur

Siapa yang tidak kenal dengan candi yang satu ini? ya, candi Borobudur. Candi yang sudah sangat populer baik di telinga wisatawan lokal maupun asing. Candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini memang memiliki daya tarik tersendiri, yakni sejarah yang terkandung dalam candi tersebut.

Menurut sejarah yang ada, Candi Borobudur ini adalah salah satu candi peninggalan agama Budha, yang didirikan oleh penganut agama Budha Mahayana. Candi ini dibangun atau berdiri di tahun 800 Masehi pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra.

Namun berdasarkan prasasti Kayumwungan 26 Mei 824, bahwa Candi Borobudur didirikan oleh raja Samaratungga pada abad ke 8 hingga ke 9 Masehi. Sedangkan untuk proses pembangunannya sendiri membutuhkan waktu hingga 75 tahun dibawah kepemimpinan seorang arsitek yang bernama Gunadharma. Di setiap pembangunan Gunadharma sudah melakukan konsep interlock terhadap batu Andesit yang mencapai 2.000.000 balok batu.

baca : Tour Bintan

Wisata Indonesia Candi Borobudur

Wisata Indonesia Candi Borobudur

Monumen Budha terbesar di dunia

Candi Borobudur sendiri memang merupakan candi atau kuil terbesar umat Budha di Dunia. Selain itu Candi Borobudur juga merupakan monumen Budha terbesar di dunia. Monumen ini terdiri dari 6 teras yang berbentuk bujur sangkar yang di atasnya terdapat 3 pelataran melingkar.

Dan juga candi ini juga terdapat 2672 panel relief dan 504 arca Budha yang menghiasi Candi Borobudur. Dengan banyaknya relief yang ada di candi tersebut, maka Candi Borobudur pun dinobatkan sebagai candi yang memiliki relief Budha terbanyak dan terlengkap di dunia.

Relif-relif yang terpahat di dinding merupakan susunan dari 4 kisah utama, yakni Karmawibangga, Lalita Wistara, Jataka-Awadana, dan Gandawyuda. Dalam pahatan-pahatan tersebut tak hanya menceritakan ajaran-ajaran Buddha dan perjalanan hidupnya, namun juga menceritakan kemajuan masyarakat jawa pada masa itu.

The Cinnamon Route Kapal Laut di Candi Borobudur

Selain 4 kisah utama di atas, ternyata di Candi Borobudur juga terdapat 10 kapal laut yang salah satunya merupakan kapal yang digunakan untuk mengarungi Pulau Jawa hingga ke Benua Afrika. Yang biasa disebut the cinnamon route. Dan dari hal ini juga bisa membuktikan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia ini adalah seorang pelaut.

Candi Borobudur juga memiliki mahkota yang terlihat cantik, yakni berupa stupa utama terbesar yang ada di tengah area candi ini. sedangkan stupa utama ini juga dikelilingi oleh 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca Buddha yang duduk bersila dalam posisi teratai sempurna, diketahui bahwa candi ini mengusung salah satu konsep yang ada pada ajaran agama Buddha yakni Mandala yang melambangkan kosmologi alam semesta.

Dan karena mengusung konsep tersebut maka dalam pembangunan candi Borobudur dibagi menjadi 3 tingkatan, yakni dunia hasrat dan nafsu yang disebut dengan Kamadhatu, dunia bentuk yang disebut Rupadhatu dan dunia tanpa bentuk yang disebut Arupadhatu. Dan jika dilihat-lihat bahwa candi ini tampak seperti menggambarkan seorang Budha yang duduk di atas kelopak bunga teratai.

Keindahan Gunung dari Candi Borobudur

Selain sejarahnya yang unik dan mengagumkan. Candi Borobudur ini memiliki keindahan yang sangat unik dan luar biasa. Jika kamu berada di puncak dari Candi Borobudur ini maka kamu akan dibuat terpesona dengan keindahan alam yang disuguhkan.

Kamu pun bisa melihat banyak gunung saat berada di puncak candi Borobudur ini, yakni Gunung Sindora, Gunung Merbabu, dan juga perbukitan Menoreh. Bahkan kamu akan merasa seolah-olah gunung-gunung tersebut mengelilingi candi tersebut.

Tak hanya itu bahkan kamu juga bisa menikmati sunrise maupun sunset saat berada di Candi Borobudur. Maka mendatangi Candi di pagi hari ataupun di sore hari akan membuat merasakan pesona dramatis yang disuguhkan oleh Candi borobudur ini.

Untuk cuaca, jika di musim panas atau kemarau, memang udaranya sangatlah panas, karena Candi Borobudur ini memang terletak di dataran rendah.

Safari Gajah di Candi Borobudur

Ada banyak cara juga untuk bisa menikmati keindahan di Candi Borobudur dan merasakan keseruannya.

Selain kamu bisa melihat-lihat dan berfoto di Candi Borobudur, kamu pun juga bisa menunggangi gajah untuk menyusuri desa. Kamu bisa menyewanya di Safari Gajah Borobudur. Kamu bisa berkeliling dan melihat-lihat beberapa aktivitas warga desa di sekitar Candi Borobudur.

Selain berjalan-jalan dengan menunggangi gajah, kamu juga bisa melakukan aktivitas bersepeda dan menyusuri hijaunya area persawahan di waktu pagi dan sore hari. Kamu juga bisa bersepeda untuk mengunjungi Candi Pawon dan juga Candi Mendut, atau bersepeda di area Candi Borobudur dan juga singgah ke Museum Kapal Samudera raksasa.

baca juga : Taman Safari Indonesia Puncak

Karena Wisata Candi Borobudur juga dikelilingi oleh beberapa wilayah pedesaan. maka kamu juga bisa mengunjungi desa-desa yang ada di sekitar Candi Borobudur. Di sana kamu bisa melihat keindahan alam di beberapa desa di area Candi. Deretan desa yang ada di sana pun memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Selain itu kalian juga bisa mencoba menaiki kereta kelinci, bagi yang membawa anak-anak, tidak ada salahnya mencoba menunggangi kereta kelinci ini untuk mengelilingi area wisata Candi Borobudur. Pasti anak-anak akan sangat menyukainya, ketimbang berjalan kaki yang memang cukup melelahkan.

Wisata Kuliner di Candi Borobudur

Nah saat berwisata sudah pasti tidak ketinggalan untuk berwisata kuliner kan? Nah di Candi Borobudur ini banyak sekali menu kuliner yang ditawarkan. Namun sudah pasti ada yang sangat populer di tempat wisata satu ini yakni Bakmi Jawa. Kuliner yang satu ini sudah cukup melegenda loh sobat, karena memang sudah terkenal dengan kelezatannya.

Namun kalian juga bisa loh mencoba menu lain di sini misalnya seperti tongseng jamur Pondok Selera. Jadi bagi kamu yang punya kolesterol tinggi tidak perlu khawatir karena tongseng jamur ini bisa menurunkan kadar kolesterol.

Wisata Sunset dan Sunrise di Candi Borobudur

Selain itu menikmati sunset ataupun sunrise di Candi Borobudur juga menjadi keseruan tersendiri. Melihat panorama yang terlihat dramatis saat matahari terbit ataupun matahari tenggelam.

Memang dua pemandangan ini sangat menarik untuk dinikmati, karena juga pemandangan ini hanyalah sebentar. Dan tak semua orang bisa menikmatinya. Oleh sebab itu banyak sekali para wisatawan yang terkadang datang pagi ataupun menunggu hingga senja menjelang hanya untuk menikmati pemandangan langka yang satu ini.

Selain merasakan Sunrise atau Sunset di puncak Candi, kamu juga bisa merasakan keindahan ini di Bukit Punthuk Setumbu yang memiliki ketinggian sekitar 400 meter. Bahkan kalian arus melewati hutan dan ladang yang hijau yang indah untuk menuju ke bukit tersebut. Wah sangat menakjubkan bukan?

Oleh oleh di Kota Magelang dari Candi Borobudur

Nah terakhir jangan lupa membeli oleh-oleh khas kota Magelang atau souvenir. Banyak sekali para penjual souvenir di sini, mulai dari miniatur Candi, boneka, gantungan kunci atau beberapa alat-alat dapur.

Bahkan juga banyak sekali penjual kaos atau baju yang berharga murah yang ditawarkan di Candi Borobudur ini.

baca juga : Adventure Ranoh Island Pulau dan Pantai Ranoh

Nah tunggu apalagi, saat liburan tiba, datanglah ke Candi Borobudur, dijamin liburan akan terasa seru dan menyenangkan. Semoga artikel ini bermanfaat.

One Response

Your Thoughts

%d bloggers like this: