Perbedaan Vivo Y30 vs Vivo Y30i
10thFeb

Perbedaan Vivo Y30 vs Vivo Y30i

Vivo Y30i resmi rilis di Indonesia dan meramaikan pasar smartphone tanah air pada bulan Juli 2020. Smartphone ini diperkenalkan sebagai smartphone versi murahnya dari Vivo Y30. Vivo Y30 sendiri sudah diluncurkan tiga bulan sebelum peluncuran Vivo Y30i. Keduanya memiliki perbedaan tentunya, karena dari awal pun Vivo menghadirkan Vivo Y30i sebagai alternatif dari kakaknya, yakni Vivo Y30. Tentu hal ini sangat menguntungkan bagi segmen pasar yang menginginkan Y30 namun terbatas di budget, sehingga seperti diberi opsi lain untuk membelI Y30i.

Namun, ada beberapa pertimbangan salah satunya adalah perlunya mengetahui perbedaan di antara keduanya sebelum menentukan untuk memilih yang mana. Secara umum, Vivo Y30 dan Vivo Y30i memiliki perbedaan pada aspek kamera, kapasitas memori penyimpanan internal, dan kapasitas RAM.

Dalam memilih smartphone mana yang akan dibeli, tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan, preferensi, dan dana yang dimiliki. Berikut ini adalah ulasan mengenai perbedaan antara Vivo Y30 dan Vivo Y30i dari beberapa aspek spesifikasi. Ulasan ini bisa jadi pertimbangan untuk memilih smartphone mana yang akan Anda beli nantinya. Jika ingin mengetahuinya lebih dalam, yuk simak penjelasannya berikut ini.

 

Perbedaan Vivo Y30 vs Vivo Y30i

Perbedaan Vivo Y30 vs Vivo Y30i

  • Kamera

Kedua smartphone ini sama-sama memiliki kamera depan 8 MP. Perbedaan adalah, terletak pada kamera utama. Vivo Y30 memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan Vivo Y30i. Kamera belakang Vivo Y30 yang terletak di bagian belakang memiliki besar resolusi 13 MP, dengan sudut lebar 8 MP, makro 2 MP, dan bokeh 2 MP.      

Sedangkan pada Vivo Y30i, opsi fotografi yang saat ini ada di berbagai smartphone menengah terpaksa dipangkas untuk untuk menyesuaikan harganya agar bisa tersedia secara lebih murah. Adapun spesifikasi kamera belakang Vivo Y30i adalah kamera utama 13 MP, makro 2 MP, dan bokeh 2 MP.

  • Kapasitas memori penyimpanan internal

Selain dipangkasnya opsi fotografi, kapasitas memori penyimpanan di Vivo Y30i juga diturunkan, yakni 64 GB. Hal ini berbeda dengan Vivo Y30 yang tersedia dalam kapasitas memori internal sebesar 128 GB. Namun, meskipun kapasitas memori internalnya sebesar 64 GB, ini sudah terbilang cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang hanya akan menggunakan smartphone dengan sewajarnya.

  • Kapasitas RAM

Selain kapasitas memori internalnya juga perbedaan terdapat di opsi RAM yang tersedia. Sejak awal rilis, Vivo Y30 tersedia opsi pilihan RAM antara 4 GB atau 6 GB. Sedangkan Vivo Y30i hanya memiliki opsi tunggal dengan pilihan RAM sebesar 4 GB.

Dengan ketiga perbedaan tersebut, tentu saja berpengaruh terhadap harga masing-masing produk. Vivo Y30 varian RAM 4 GB berada di kisaran harga Rp2.799.000 dan Rp3.099.000 untuk Vivo Y30 varian RAM 6 GB. Sementara itu Vivo Y30i dibanderol dengan harga yang lebih murah, yakni Rp2.499.000.

Selain tiga perbedaan di atas, terdapat beberapa persamaan yang dimiliki Vivo Y30 dan Vivo Y30i, diantaranya adalah layar yang sama-sama memiliki spesifikasi IPS 6,47 inci HD+ (1560×720 pixel), penggunaan teknologi SoC MediaTek Helio P35, kamera depan dengan resolusi 8 MP, sama-sama memiliki fitur USB Type-C, Bluetooth 5.0, Wi-Fi, Fingerprint, 5V/1A Reverse Charging, sama-sama memiliki kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh, dan sama-sama menjalankan operasi sistem Funtouch OS 10.

Kedua smartphone di atas tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk, pemilihan smartphone dikembalikan kepada preferensi, kebutuhan, dan budget yang dimiliki. Semoga ulasan di atas bisa jadi pertimbangan untuk membeli smartphone ya!

Leave a Comment