Punya Rumah di Bandung Nganggur Yuk Sulap Jadi Mesin Uang
21stJun

Punya Rumah di Bandung Nganggur? Yuk Sulap Jadi Mesin Uang!

Punya Rumah di Bandung Nganggur? Yuk Sulap Jadi Mesin Uang!

Punya Rumah di Bandung Nganggur Yuk Sulap Jadi Mesin Uang

(foto: iStock)

Ketika sebagian orang masih berusaha keras untuk mempunyai sebuah rumah, sebagian orang lain bingung dengan beberapa rumahnya yang kosong dan kurang terawat akibat tidak berpenghuni. Tidak punya rumah memang suatu masalah, namun, memiliki terlalu banyak rumah singgah juga suatu hal yang harus ditangani dengan baik, lho!

Apalagi jika rumah tersebut terletak di kota-kota besar seperti Bandung. Merupakan keputusan yang bodoh untuk menelantarkan rumah tersebut begitu saja dan hanya mengisinya sesekali ketika kebetulan kamu berkunjung ke kota Bandung ini. Jadi, jika kamu memiliki rumah di Bandung yang tidak di tempati, kira-kira harus bagaimana, ya?

Ide Bisnis Rumah di Bandung Yang Pasti Ramai Peminat

Rumah di Bandung terlalu potensial untuk dibiarkan kosong begitu saja. Dengan strategi yang tepat, rumah di Bandung dapat menjadi mesin uang yang akan terus bekerja dan membuat pundi-pundi kamu terisi penuh.

Dengan menjalankan bisnis-bisnis yang tepat dan ramai peminat, kamu dijamin jauh dari kata merugi ataupun tak balik modal. Nah, kira-kira bisnis apa saja sih yang siap mendatangkan mu uang tanpa bersusah payah?

 Yuk, kita bedah satu per satu bisnis di Bandung yang tak pernah sepi peminat!

  1. Bisnis Kontrakan Rumah di Bandung
1. Bisnis Kontrakan Rumah di Bandung

Young couple carrying big cardboard box at new home.Moving house.

(foto: Quickenloans)

Sebagai kota metropolitan terbesar di Jawa Barat, Bandung saat ini bukan lagi sekedar tempat favorit warga Jakarta untuk menghabiskan waktu setiap akhir minggu datang. Semakin hari, semakin kuat juga kekuatan magis Bandung yang terus menarik orang-orang untuk datang dan menetap, menjadi bagian dari Bandung yang terkenal dengan pemandangan dan hawa yang sejuknya ini.

Dilansir dari DetikNews, jumlah penduduk Bandung dan Jakarta diprediksi sekitar 70 juta pada tahun 2045. Bandung dikatakan sebagai salah satu tujuan urbanisasi paling populer selain Jakarta. Tentu saja semua pendatang  yang  melakukan urbanisasi ini punya alasan masing-masing sampai akhirnya  memilih Bandung untuk jadi tempat tinggalnya.

Dan tentu saja, semua orang yang datang ini membutuhan hunian selama mereka berada di Bandung. Karena terbatasnya jumlah properti dan kemampuan individual setiap pendatang, kebanyakan dari mereka memilih untuk mencari kontrakan rumah di Bandung. Hal ini membuat bisnis kontrakan rumah di Bandung tidak pernah mati.

Jadi, daripada ditinggalkan kosong, lebih baik jika rumah di Bandung milikmu dijadikan kontrakan sehingga ada yang menempati dan merawat. Untuk memasang iklan kontrakan pun bukan hal sulit karena kamu bisa menggunakan situs properti seperti www.99.co/id untuk memasang iklan rumah di Bandung dan di mana saja dengan gratis.

  1. Bisnis Kosan di Bandung

(foto: Google Images)

Bandung ini terkenal sebagai kota yang menjadi rumah untuk perguruan-perguruan tinggi ternama baik negeri maupun swasta. Mayoritas menyandang nama baik yang terdengar waw ketika disebutkan.

Beberapa perguruan tinggi negeri yang punya nama besar di Bandung antara lain Institut Teknologi Bandung (ITB) di daerah Dago, Universitas Padjadjaran (UNPAD) di daerah Dipatiukur, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di daerah Setiabudi, dan Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) di daerah Gegerkalong.

Sedangkan untuk perguruan tinggis wasta, Bandung memiliki universitas terkenal seperti Universitas Telkom di daerah Buah Batu, Universitas Islam Bandung (UNISBA) di daerah Tamansari, dan Universitas Kristen Maranatha.

Tercatat pada tahun 2017, jumlah mahasiswa baru yang masuk berbagai universitas di Jawa Barat khususnya Bandung ini mencapai 183.723 orang. Tentu saja sebagian besar mahasiswa ini akan memilih kos-kosan untuk tempatnya tinggal selama berkuliah.

Jadi, jika rumah di Bandung milik kamu berada di kawasan kampus, ini adalah kesempatan yang wajib kamu ambil karena akan menghasilkan penghasilan pasif yang menggiurkan. Kamu hanya perlu mengecek keadaan rumahmu sesekali untuk memastikan semua masih aman terkandali.

Ya, bagaimanapun, mahasiswa cenderung lebih “berantakan” ketimbang orang-orang yang sudah bekerja atau memiliki keluarga. Sehingga kamu perlu memastikan rumah milikmu tidak menjadi buruk kondisinya sebab dihuni oleh para pelajar ini.

  1. Bisnis Homestay di Bandung

(foto: Google Images)

Bisnis lain yang tak kalah menarik untuk menjadi pundi-pundi uang adalah bisnis homestay. Untuk kamu yang beruntung punya rumah di Bandung yang tak berpenghuni, pilihan menjadikan rumah di Bandung tersebut menjadi homestay sungguh sayang jika dilewatkan, apalagi jika rumah di Bandung yang kamu miliki berada di lokasi yang strategis.

Strategis di sini maksudnya berlokasi tak jauh dari tempat wisata atau pusat kota, karena sejatinya bisnis homestay menarget wisatawan yang sedang datang untuk berlibur. Selain hotel, homestay menjadi alternatif penginapan yang dipilih wisatawan, apalagi wisatawan yang datang dengan rombongan keluarga atau teman.

Dibanding hotel, homestay dipilih karena suasana yang ditawarkan lebih terasa hangat dan penuh kesan kekeluargaan. Bentuknya yang berupa rumah kecil tentu memberi kesan intim yang lebih kuat dibandingkan kamar-kamar terpisah yang ada di hotel.

Lagi pula, para wisatawan pasti akan mementingkan budget ketika liburan dengan rombongan. Dan harga yang ditawarkan homestay permalamnya jauh lebih terjangkau karena homestay disewa secara keseluruhan sebagai rumah, lengkap dengan ruang tamu, dapur, ruang keluarga, dan semua kamar tidurnya.

Penting untuk kamu ketahui, keberadaan homestay adalah wajib untuk kota-kota wisata seperti Bandung. Sehingga jika kamu memilih untuk mengubah rumah di Bandung milikmu yang kosong menjadi salah satunya, kamu tidak perlu takut merugi. Toh, bagaimanapun bisnis ini akan lebih menghasilkan uang ketimbang jika rumah di Bandung milikmu dibiarkan kosong begitu saja.

Kamu hanya perlu lengkapi fasilitas rumah dan pekerjakan orang untuk merawat rumah tersebut. Siapkan juga strategi marketing yang baik. Paling mudahnya dengan marketing online dimana kamu bisa memanfaatkan media sosial dan website properti sebagai sarana beriklan.

  1. Bisnis Café Suasana Rumah di Bandung

(foto: Pergidulu)

Bisnis café atau kedai kopi sedang menjamur sekali di Bandung saat ini. Tren nya tidak luntur sejak beberapa tahun kebelakang, malahan semakin menjadi-jadi. Tidak heran, pasarnya di Bandung memang tidak pernah habis. Selalu ada mahasiswa-mahasiswa dan para pekerja yang hobi memilih café untuk tempat berkumpul atau tempat bekerja.

Dan yang terpenting, tidak hanya café “sungguhan” yang diminati. Saat ini, banyak sekali kita temukan café di Bandung yang menggunakan bangunan rumah sebagai tempatnya. Contohnya seperti Mr. Guan Coffee & Books dan Kopitera di kawasan Lengkong.

Meski bangunan yang digunakan kedua café tersebut tidak berbentuk café pada umumnya, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Sebagian penikmat café justru lebih menyukai café dengan bentuk rumahan seperti ini karena terasa lebih nyaman dan hangat.

Nah, jika kamu memiliki rumah di Bandung yang tak dihuni, pilihan bisnis ini patut sekali dicoba. Hanya perlu keberanian dan sedikit modal saja, lho, untuk memulainya. Karena sebenarnya, untuk memulai bisnis ini, kamu hanya perlu siapkan budget lebih untuk dekorasinya.

Sedangkan, bahan baku dan alat-alat yang kamu perlukan untuk membuat kedai kopi terbilang murah ketimbang modal bisnis lain. Karena modal utama, yaitu bangunan rumah di Bandung sudah kamu miliki, hanya perlu sedikit usaha lagi untuk menciptakan mesin uang yang terus lancar mengalirkan dana-dana segar.

Jadi, bagaimana? Pilihannya tinggal antara membiarkan rumah di Bandung milikmu jadi sarang laba-laba atau menjadikannya tempat yang banyak mendatangkan laba. Pilih dengan bijak, ya!

Leave a Comment