Raja Ampat, Wisata Impian Para Traveler

Raja Ampat, Wisata Impian Para Traveler

Raja Ampat, Wisata Impian Para Traveler
Raja Ampat, Wisata Impian Para Traveler (Sumber gambar : twisata.com)
Saat weekend paling enak pasti jalan-jalan. Dan nggak ada salahnya kita ingin pergi ke tempat yang mungkin jauh dari hiruk pikuknya kota. Nah, biasanya kita akan kepikiran untuk bepergian ke tempat yang memiliki pemandangan alam yang memukau, seperti pantai dan beberapa pulau-pulau yang eksotis. Tempat yang seperti itu bisa kita temui di Raja Ampat.
Mendengar kata Raja Ampat, sudah pasti tidak asing di telinga kita. Raja Ampat memang tempat wisata yang sudah sangat populer baik di telinga orang Indonesia ataupun luar negeri.

baca juga : Wisata Menarik di Anambas Kepulauan Riau, Kepri

Mendatangi Raja Ampat meskipun jauh, tidak akan membuatmu rugi loh, bagaimana tidak? Karena di Raja Ampat begitu banyak menyajikan objek wisata alam yang sangat memukau, yang bahkan jarang atau bahkan tidak pernah kamu temui di kota besar. Hingga saat kamu sudah mengunjunginya kamu bahkan mungkin ingin menetap di sana dan sulit melupakan keindahan alamnya yang luar biasa. Dijamin setelah mengunjunginya, maka kamu akan ketagihan untuk datang kembali.

Nah, untuk artikel kali ini, saya akan memberikan beberapa objek wisata di raja Ampat yang mesti kalian kunjungi. Agar saat pergi ke sana kalian juga tidak akan bingung ingin kemana. Ini dia beberapa daftar objek wisata di Raja Ampat yang bisa kalian kunjungi.

1. Kepulauan Wayag

Raja Ampat, Wisata Impian Para Traveler Kepulauan Wayag
Raja Ampat, Wisata Impian Para Traveler Kepulauan Wayag (Sumber : tempatwisataindonesia.id)

Yang pertama adalah Kepulauan Wayag. Kepulauan ini letaknya berada di Desa Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Di sana kalian akan banyak menemui pemandangan alam yang menakjubkan. Di Kepulauan Wayag terdapat beberapa gugusan pulau-pulau kecil, yaitu pulau-pulau karang yang ditumbuhi banyak pohon.

Untuk mengeksplorasi kepulauan Wayag, kalian akan menaiki kapal. Dan tak hanya itu area di sini sebagian besar adalah air, namun air di sini sangat jernih berwarna biru sehingga sangat sejuk dipandang apalagi dengan paduan hijaunya pulau kecil di atasnya, sungguh membuat mata kalian tidak akan bosan untuk memandangnya.
Di tengah mengeksplorasi kalian juga bisa melihat ikan-ikan kecil yang berseliweran, sebeb airnya memang benar-benar jernih. Nah, dan yang paling seru saat mengunjungi Kepulauan Wayag ini adalah kalian akan diajak untuk mendaki puncak pulau karang yang unik yang memiliki kemiringan 90 derajat, dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai puncaknya.
Untuk bisa ke sana kalian dapat mengaksesnya dari Sorong menuju Kepulauan Wayag yang memerlukan waktu sekitar enam jam perjalanan.

2. Perairan Pulau Misool

Raja Ampat, Wisata Impian Para Traveler Perairan Pulau Misool
Raja Ampat, Wisata Impian Para Traveler Perairan Pulau Misool (Sumber : tempatwisataindonesia.id)
Yang ke dua adalah perairan Pulau Misool. Diketahui, bahwa Pulau Misool merupakan empat pulau terbesar di Raja Ampat. Pulau Misool berbatasan dengan dengan Laut Seram dan perairan lepas yang menjadi jalur lintas hewan besar seperti ikan paus.
Pulau Misool juga memiliki keindahan yang luar biasa, bagian barat dan timur pulau ini terbentang pulau batu karang yang indah. Pemandangan bawah lautnya juga sangat menakjubkan, bahkan sudah bisa kamu rasakan pemandangan bawah lautnya meskipun kamu tidak menceburkan diri sekalipun. 
Yang unik, air di pulau ini sangat jernih dan memiliki warna torquish yang sangat mempesona. Sehingga kamu bisa melihat bawah lautnya yang luar biasa indah. Tak hanya itu, di pulau ini juga terdapat pasir putih yang menghampar sejauh mata memandang dan dikelilingi pohon hutan tropis dan mangrove.
Kalian juga akan merasa menikmati keindahan pulau ini sendiri, sebab pulau ini tidaklah berpenghuni dan terjaga keasriannya.

3. Stasiun Pencucian Pari Manta

Raja Ampat, Wisata Impian Para Traveler Stasiun Pencucian Pari Manta
Raja Ampat, Wisata Impian Para Traveler Stasiun Pencucian Pari Manta (Sumber : tempatwisataindonesia.id)

Selanjutnya adalah Stasiun Pencucian Pari Manta. Dari namanya memang cukup unik dan bikin penasaran. Yang unik dari wisata ini ialah kita bisa menyaksikan ikan pari manta yang pesolek, mengapa bisa dikatakan demikian? Sebab ikan pari manta bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk membersihkan diri lho. Cukup unik bukan?

Dan yang cantik ikan pari tersebut tidak membersihkan diri sendiri melainkan ada ikan-ikan kecil yang membersihkannya. Nah setelah ikan pari dibersihkan maka segerombolan ikan kecil tadi akan berpindah ke ikan pari yang lain dan menunggu antrean, wah cukup unik bukan?
Tak hanya menjadi pemandangan yang cukup unik dan menarik, tapi kegiatan bersolek ini memiliki manfaat sendiri bagi ikan pari manta, yakni menghilangkan parasit yang tumbuh di tubuh serta membersihkan luka-luka agar tidak terinfeksi.
Untuk melihat pemandangan yang langka ini, kalian haruslah meminjam tali pengait untuk mengaitkan tubuh kalian ke hardcolar demi keamanan dan keselamatan diri. Selain itu kalian juga memerlukan seorang guide, sebab tanpa guide bagi kalian yang belum tahu cara menaklukan ikan-ikan ini maka ikan-ikan tersebut akan kabur.

4. Pulau Salawati

Raja Ampat, Wisata Impian Para Traveler Pulau Salawati
Raja Ampat, Wisata Impian Para Traveler Pulau Salawati (Sumber : tempatwisataindonesia.id)
Pulau ini merupakan pulau yang cukup bersejarah, dikarenakan pulau ini bisa dikatakan pulau yang menjadi saksi dahsyatnya perang dunia ke dua. Di sini, di perairan Salawati ini begitu banyak bekas-bekas kapal laut, dan juga banyak sekali ceceran bangkai kapal dan pesawat tempur yang tenggelam di peraian Salawati, salah satunya ialah Shinwa Maru, dan Pesawat P40.
Dan kini benda-benda tersebut menjadi fakta sejarah dan tempat wisata yang cukup unik dan menakjubkan. Bahkan tempat atau bangkai-bangkai kapal tersebut malah menjadi tempat-tempat ikan kecil yang berseliweran. Dengan perairan yang sangat bersih akan membuat pemandangan di Pulau ini semakin menakjubkan.
baca juga : Jalan2 ke Spanyol

Perjalanan menuju Raja Ampat

Nah itu tadi adalah beberapa objek wisata yang bisa kalian kunjungi saat ke Raja Ampat. Sangat unik dan menarik bukan? Dan untuk perjalan menuju Raja Ampat sendiri maka kalian akan melakukan perjalanan melalui udara. Lalu kalian akan menuju kota Sorong Papua Barat. 

Setelah dari kota Sorong, maka perjalanan akan dilanjutkan dengan menggunakan taxi ke pelabuhan rakyat menuju ke Ibu Kota Raja Ampat. Setelahnya kalian akan menaiki kapal ferry. Walaupun banyak memakan waktu saat perjalanan, namun kalian tidak akan bosan bahkan kelelahan, sebab kalian akan terus disuguhi pemandangan yang unik dan berkesan.

Selain itu, kalian juga bisa melakukan aktifitas dan mengunjungi tempat lain selain yang disebutkan di atas, namun kalian juga sebisa mungkin membawa perbekalan atau makanan ringan, sebab di sana harga makanan ringan dan air minum cukup mahal.
Setelah menikmati alam, pastinya jangan lupa membeli oleh-oleh khas dari Raja Ampat. Bisa makanan khas ataupun souvenir seperti kain tradisional, kerajinan anyaman, patung suku asmat, alat musik tradisional dan lain-lain.

Jaga Kebersihan Pariwisata Raja Ampat

Jangan lupa ya, agar tetap selalu menjaga kebersihan tempat dan juga mengikuti setiap aturan yang sudah ditentukan. Agar perjalanan wisatamu semakin menyenangkan dan aman. Yang terpenting siapkan semua sebelum berangkat, dan juga obat-obatan agar badan tetap fit dan sehat saat perjalanan.

baca juga : Blogger Food and Travel Batam

Untuk artikel kali ini, cukup sekian dulu ya guys, semoga artikel kali ini bisa membantu sobat traveler berwisata menikmati akhir pekan. Dan semoga bermanfaat.

17 Comments

  1. Dari beberapa pilihan di atas ak paling pengin mesool…. Kayaknya kok eksotis dan indah bangets ya… Kudu ngumpuli duit anyak-anyak utk kesana bareng keluarga….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *