Tips Jalani Kehidupan New Normal di Tengah Pandemi Virus Korona
30thMay

Tips Jalani Kehidupan New Normal di Tengah Pandemi Virus Korona

Pandemi Corona sampai saat ini belum bisa dikatakan berakhir. Namun, kehidupan tetap terus berjalan dan tidak bisa selamanya manusia diam mengisolasi diri di rumah. Jika hal ini terus dilakukan, ekonomi bisa runtuh, industri tidak berjalan, masyarakat kehilangan penghasilan, dan terjadi kekacauan di mana-mana. Karenanya, masyarakat harus mulai membiasakan hidup new normal seperti terbiasa berdampingan dengan virus korona. Untuk itu berikut tips jalani kehidupan new normal.

Tips Jalani Kehidupan New Normal di Tengah Pandemi Virus Korona        

  1. Jangan Meninggalkan Rumah dengan Keadaan Kosong

Pada fase new normal ini, masyarakat sudah mulai bisa kembali beraktivitas di luar rumah seperti biasa. Di sisi lain, potensi tindakan kejahatan pun akan terus meningkat, karena mencari uang semakin sulit.

Untuk itu, ketika akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, ingatlah untuk selalu mengunci pintu dan jendela agar meminimalisasi terjadinya tindakan kriminal termasuk pencurian.

  1. Jangan Bagikan Alamat Rumah di Media Sosial

Selanjutnya, fase new normal ini juga diminta agar kamu sebisa mungkin menghindari membagikan lokasi rumah atau tempat kamu berada saat itu juga melalui media sosial. Selalu ingat, kejahatan bisa terjadi dengan memanfaatkan informasi tersebut.

Selain itu, jauhkan barang-barang berharga yang kamu miliki dari pandangan orang lain. Baik itu barang yang ada di rumah atau barang yang melekat pada badan kamu, seperti perhiasan dan gadget.

  1. Berhati-hati di Media Sosial

Tips ketiga terkait dengan keamanan data, dalam hal ini data digital. Pada keseharian di era new normal nantinya masyarakat akan lebih banyak berkomunikasi menggunakan akses online. Karena itu, berhati-hatilah terhadap segala bentuk kejahatan yang ada di dunia maya.

Jika melakukan panggilan video, pilih lah penyedia yang sudah diketahui keamanannya. Cadangkan semua data penting dan biarkan software selalu terperbaharui.

Selanjutnya, gunakan password yang kuat untuk semua akun kamu yang penting. Apabila akan mengakses data perusahaan untuk urusan pekerjaan, maka gunakan peralatan dari kantor saja.

Selain itu, berhati-hatilah dalam menerima informasi dan menyebarkan informasi. Pastikan informasi yang kamu terima dan bagikan bukanlah sebuah kebohongan, pastikan situs yang kamu lihat adalah situs yang kredibel dan informasinya benar-benar valid.

Jika kamu ingin mencari tahu informasi tentang kesehatan yang valid, kamu bisa mengunjungi situs Halodoc. Karena selain menyediakan fitur beli obat, konsultasi, dan bertemu dengan dokter, di Halodoc kamu bisa mendapatkan informasi yang valid mengenai kesehatan.

  1. Lindungi Anakmu

Pada masa pandemi Corona dan new normal ini, jangan lupa untuk diskusikan dengan si anak tentang situasi yang sedang berlangsung dan apa yang harus dia lakukan.

Jangan biarkan anak kamu sendirian melalui kondisi ini tanpa ada arahan dari orangtua atau orang dewasa di sekitarnya. Beri arahan pada mereka mana yang baik untuk dilakukan di ranah online dan offline.

Lalu, buatlah peraturan padanya untuk selalu menggunakan gawai  saat di area umum, dan bukan privat seperti kamar. Tujuannya tentu agar kegiatannya bisa selalu diawasi sekitar.

  1. Finansial

Tips terakhir yang juga harus diperhatikan ketika menjalani hidup dengan new normal  yaitu keamanan dari segi finansial atau transaksi keuangan.

Pada masa yang rentan terhadap infeksi virus Corona ini, ada baiknya berbagai macam transaksi keuangan dilakukan secara digital menggunakan kartu kredit.

Proses transaksi secara offline akan memungkinkan kita lebih banyak bertemu dengan orang dan menyentuh uang fisik yang di dalamnya terdapat banyak bakteri, juga bisa menjadi media tempat virus Corona berada.

Namun, saat melakukan transaksi digital pun jangan lupa untuk menggunakan koneksi yang aman sehingga bisa terhindarkan dari aksi kriminal yang menyasar korban di dunia digital.

Jika kamu memutuskan untuk berbelanja secara online, pastikan toko atau penyedia barang/jasa yang kamu akses dapat dipercaya. Sebaliknya, jangan lakukan proses pembelian dengan pihak yang tidak diketahui dengan jelas kebenarannya.

Itulah tips jalani kehidupan new normal di tengah pandemi Virus Korona. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment