Wisata Asyik Ke Taman Nasional Bromo Tengger

Wisata Asyik Ke Taman Nasional Bromo Tengger

Wisata Indonesia Jawa Timur

Wisata Indonesia Jawa Timur

Kamu suka jalan-jalan ke gunung atau hutan? Ada tempat yang menarik yang bisa kamu kunjungi loh, bagi kamu pecinta alam. Yakni Taman Nasional Bromo Tengger. Taman ini memiliki luas sekitar 800 kilometer persegi.

Taman nasional Bromo Tengger terletak 4 wilayah kabupaten di Jawa Timur, yakni Pasuruan, Malang, Lumajang dan Probolinggo. Dan juga Taman Nasional ini menjadi kawasan gunung berapi terbesar yang ada di Jawa Timur.

baca juga : Tour Bintan

Keindahan Gunung Semeru dan Gunung Bromo

Obyek wisata yang satu ini memiliki keindahan tersendiri, yakni dengan adanya dua gunung tertinggi di Pulau Jawa, yakni Gunung Semeru dan Gunung Bromo. Gunung Semeru sendiri merupakan Gunung tertinggi pertama dengan ketinggian mencapai 3676 meter, dan Gunung Bromo merupakan Gunung Tertinggi kedua dengan ketinggian mencapai 2392 meter di atas permukaan laut.

Untuk kawasan Gunung Bromo sendiri terbagi menjadi beberapa gunung, yakni Gunung Watangan, Gunung Balok, Gunung Kursi, Watangan Gunung, dan Widadaren Gunung. Objek wisata di sini tak hanya gunung berapi, namun juga ada air terjun di sekitar objek wisata Taman nasional Bromo, yakni Air Terjun Madakaripura.

Wisata Sunset di Taman Nasional Bromo Tengger

Saat ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru kamu bisa menikmati indahnya matahari terbit loh. Tepatnya saat berada di puncak gunung penanjakan. Di puncak gunung inilah kamu bisa melihat indahnya sunset.

Tak hanya bisa menikmati sunset, namun kamu juga bisa menikmati keindahan Gunung Bromo dan gunung yang ada di sekitaran Bromo, seperti Semeru dan gunung Batok. Nah selain menikmati pemandangan dari penanjakan. Kamu juga bisa bereksplorasi ke Gunung Bromonya.

Saat ke sana kamu akan menemukan tantangan tersendiri. Sebab kamu akan diajak melintasi lautan pasir yang ada di Gunung Bromo. Namun, bagi kamu yang menggunakan mobil, diharuskan untuk menyewa Jeep dikarenakan tempat wisatanya yang berpasir agar perjalanan jauh lebih nyaman.

Namun bagi kamu yang menggunakan kendaraan roda dua, tak perlu menyewa, cukup dengan membeli tiket masuk maka kamu sudah bisa menikmati indahnya Taman Nasional Bromo Tengger.

Wisata Indonesia Jawa Timur

Wisata Indonesia Jawa Timur

Kawah Gunung di Taman Nasional Bromo Tengger

Untuk melihat kawah Gunung Bromo, kamu haruslah berjalan menanjak dan butuh tenaga ekstra untuk mencapai puncaknya. Setelah sampai puncak kamu akan melihat kawah gunung tertinggi ini yang masih aktif mengepulkan asap panasnya.

Kawasan di Gunung Bromo sendiri suhunya sangatlah dingin, bahkan hingga mencapai 5 derajat celcius. Maka saat berkunjung ke sana sebisa mungkin memakai baju hangat dan jaket, serta memakai sarung tangan.

Di sekitaran gunung Bromo juga terdapat spot-spot yang bisa kamu kunjungi untuk berfoto selfi. Spot-spot tersebut meliputi, pasir berbisik, padang Savana Bromo dan spot-spot seru lainnya.

Padang Savanna di Taman Nasional Bromo Tengger

Saat ke Gunung Bromo kamu bisa berjalan menuju selatan Gunung Bromo untuk menikmati padang savanna bromo. Di sana kamu bisa berfoto selfie dengan background padang rumput yang luas yang dikelilingi oleh tebing-tebing, serta beberapa bukit kecil hijau yang cantik.

Kamu akan merasa tenang dan damai saat berada di sana, pemandangan hijau yang menakjubkan akan kamu dapati saat berkunjung ke Padang Savana Bromo.

Pasir Berbisik di Taman Nasional Bromo Tengger

Selain itu kamu juga bisa mengunjungi Pasir berbisik. Kenapa disebut dengan pasir berbisik? Karena saat musim kemarau tiba, dimana pasir di area tersebut kering dan terkena angin maka pasir tersebut akan terdengar seperti membisikkan sesuatu. Apalagi tempat ini juga sempat dijadikan lokasi syuting film yang berjudul sama yakni pasir berbisik karya Garin Nugroho.

Selain kamu mendaki gunung bromo, kamu juga bisa melakukan Trekking ke Gunung Semeru, yakni Gunung Tertinggi di Pulau jawa. Di sini kamu juga bisa menemukan flora dan fauna yang beraneka ragam. Misalkan bunga edelweiss putih dan juga berbagai macam anggrek. Dan beberapa hewan yang hidup secara liar.

Air Terjun Madakaripura di Taman Bromo Tengger

Selanjutnya kamu bisa melanjutkan perjalanan mengunjungi Air Terjun Madakaripura. Air terjun ini berbentuk ceruk setinggi 200 meter dan dikelilingi oleh bukit bukit hijau yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya. Dan juga tiga diantaranya mengucur deras membentuk air terjun lagi.

Maka jangan sampai kamu lewatkan untuk mengunjungi air terjun satu ini. sebab pemandangan di sini sangat asri dan sangat menakjubkan. Kamu akan menemui setiap pepohonan yang hijau nan sejuk setiap mata memandang.

Danau Ranu Kumbolo di Taman Nasional Bromo Tengger

Setelah itu kamu juga bisa mengunjungi danau yang ada disekitar Taman nasional Bromo Tengger Semeru, yakni Danau Ranu Kumbolo. Danau ini adalah danau gunung yang memiliki luas sekitar 15 hektare yang letaknya berada di Kabupaten Lumajang. Tempatnya sangat asri dan sangat indah, bahkan tempat ini juga sangat cocok untuk tempat camping bagi kamu yang ingin bermalam sambil menikmati alam bebas.

Selain danau rani Kumbolo, terdapat pulau Danau Ranu Pani. Danau Ranu Pani ini adalah salah satu titik berangkat lainnya untuk pendaki yang ingin melakukan pendakian. Danau ini terletak di Desa ranu pani, yang dihuni oleh suku Tengger yang berada di ketinggian 2000 mdpl.

Nah dan yang terakhir kamu bisa menuju puncak B29 Lumajang. Di puncak sini, kamu bisa meraskan keindahan Sunrise maupun Sunset yang indah bagaikan surga. Tempat ini adalah spot yang paling menarik yang ada di Taman Nasional Bromo Tengger.

Dan puncak sinilah kamu akan melihat panorama alam yang sangat liar biasa, seperti melihat gunung-gunung yang berjajar serta melihat awan-awan yang mengantung di antara gunung-gunung. Apalagi di sini udaranya sangat dingin sehingga akan memberi pengalaman tersendiri bagi kamu yang berkunjung kemari.

Pengalaman seru di Taman Nasional Bromo Tengger

Itu dia guys, tempat-tempat yang bisa kamu kunjungi saat di taman Nasional Bromo tengger Semeru. Bagaimana? Sangat menakjubkan bukan? Dan juga untuk fasilitas fasilitas seperti toilet juga banyak serta penginapan-penginapan bagi kamu yang ingin bermalam.

Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh berupa souvenir, atau membeli beberapa bunga langka yang jarang ditemui. Belum sampai di tempatnya pun di sepanjang perjalanan kalian sudah akan banyak disuguhkan pemandangan yang luar biasa indah. Maka kamu akan puas berpelesir di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini.

Bahkan kalian juga akan menambah pengalaman seru dan merasakan keseruan yang tidak ada duanya. Berkeliling daerah Bromo memang sangatlah banyak, jadi sebisa mungkin kalian haruslah datang di pagi hari, atau kalian harus menginap agar bisa menikmati setiap spot yang ada di Taman Nasional Bromo Tengger.

Persiapan sebelum menuju Taman Bromo Tengger

Agar kalian juga merasa puas dengan perjalanan kalian, dan tidak ketinggalan tempat untuk dikunjungi karena waktu telah habis. Dan sebisa mungkin persiapkan fisik anda agar tetap dalam keadaan yang fit dan juga pakailah pakaian yang hangat dan juga jaket tebal, sebab di sana suhu juga sangat dingin.

Jika kalian tidak memiliki sarung tangan atau kupluk. Jangan khawatir di sana juga sudah banyak para penjual sarung tangan, kupluk dan syal untuk menghangatkan kalian.

baca juga : Adventure Pulau Ranoh Island Pantai Ranoh

Semoga artikel kali ini bermanfaat dan bisa memberikan informasi yang kalian butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *