Wisata Indonesia Bangka Belitung Tanjung Kelayang
1stApr

Wisata Indonesia Bangka Belitung Tanjung Kelayang

Mengenal Tanjung Kelayang Belitung

Wisata Indonesia Bangka Belitung Tanjung Kelayang

Wisata Indonesia Bangka Belitung Tanjung Kelayang (Sumber : poskotanews.com)

Tahukah kamu, jika di Kepulauan Bangka Belitung memiliki tempat wisata yang memiliki nama yang sama? Yakni Tanjung Kelayang di Belitung dan yang satu lagi berada di Bangka. Perlu diketahui bahwa Tanjung Kelayang ini merupakan destinasi wisata yang sangat diunggulkan di Kepulauan Bangka Belitung. Dikarenakan Tanjung Kelayang ini memiliki keindahan yang sangat menakjubkan.

Tanjung Kelayang ini areanya sangatlah luas, yakni sekitar 324,4 Ha, dengan hamparan pasir sepanjang kurang lebih sekitar 1,5 kilometer.

Pantai Tanjung Kelayang ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berlibur untuk bersantai dan merasakan suasana yang nyaman. Apalagi pantainya memang memiliki pasir putih yang lembut, serta air lautnya yang jernih. Tak hanya itu di sekitar pantai ini juga memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan.

Diketahui pula bahwa masyarakat setempat di Bangka Belitung menganggap bahwa pantai sebagai tempat yang istimewa, dikarenakan Pantai Tanjung kelayang ini memiliki kaitan erat dengan sejarah yang ada di Bangka Belitung.

baca juga : Paket Bintan

Legenda Wisata Tanjung Kelayang

Bahkan bisa dikatakan bahwa Tanjung Kelayang ini memang sudah terkenal sejak dulu sebagai tempat wisata, meskipun hanya dinikmati oleh warga sekitar kepulauan Bangka Belitung. Dan lama kelamaan pantai ini menjadi tersebar ke luar bangka Belitung, apalagi setelah pantai ini dijadikan lokasi tempat syuting film Laskar Pelangi yang diadaptasi dari novel laris milik Andrea Hirata. Sehingga semakin banyaklah orang-orang dari luar pulau yang penasaran dan juga ingin menikmati keindahan Tanjung Kelayang ini.

Nama Tanjung Kelayang sendiri juga tak serta merta ada, namun dikarenakan terinspirasi dari bongkahan batu granit raksasa yang menyerupai kepala seekor burung. Dan juga Tanjung Kelayang juga memiliki legenda yang cukup unik dan hingga saat ini pun masih diwariskan turun temurun.

Menurut legenda yang ada, bahwa batu granit di Tanjung Kelayang ini berasal dari zaman megalitikum yang dipercaya memiliki kekuatan magis. Tak hanya para awam, tetapi para sejarawan dan juga arkeolog pun meyakini hal tersebut.

Dan juga selain batu granit diyakini bahwa burung tersebut tengah berendam dengan posisi yang selalu sama, yaitu menghadap ke arah kiblat atau barat. Dan yang unik dari pantai ini ialah, terdapat filosofi tersendiri dari bentuk batu granit yang bertumpuk satu sama lain dan tidak pernah bergeser. Dan hal tersebut juga menandakan bahwa Pulau Belitung aman dari gempa atau semacamnya.

Burung Cantik Kelayang di Pantai Bangka Belitung

Selain dari legenda yang ada, menurut beberapa sumber bahwa nama dari Tanjung Kelayang tersebut diambil dari nama burung yang ada di pantai tersebut. Dikarenakan memang banyak sekali burung Kelayang yang berada di sekitaran pantai Tanjung Kelayang ini.

Selain ceritanya yang unik. Tanjung Kelayang memang memiliki keindahan dan merupakan pantai yang sangat cantik. Apalagi Tanjung Kelayang masuk dalam sepuluh tempat wisata prioritas. Selain itu Tanjung Kelayang juga menjadi gerbang masuk wisatawan asing yang bertandang menggunakan yacht dalam rangka Tour Island Hopping. Selain itu di Tanjung Kelayang kerap mengadakan acara tahunan.  Biasanya acara tersebut digelar pada bulan oktober dan diramaikan oleh peserta dari berbagai negara.

Jika kamu ingin suasana yang baru dan merasakan ketenangan dari hiruk pikuknya perkotaan. Maka Tanjung Kelayang ini sudah pasti bisa menjadi pilihan utama. Dikarenakan memang pantai ini masih sangat asri dan juga tempatnya begitu indah dan cantik.

Pasir Putih Indah dan Air Laut Jernih di Wisata Tanjung Kelayang

Hamparan pasir putihnya dan juga kejernihan air lautnya mampu membuatmu terpesona. Bahkan jejeran perahu nelayan juga menjadi daya tarik tersendiri, mendengar deburan ombak yang tenang akan memberikan semangat baru buat kamu yang berkunjung kemari.

Jika kamu ingin yang lebih indah lagi, kamu bisa datang di pagi hari dimana matahari baru terbit akan memberikan kesan yang dramatis. Dengan udara yang masih segar serta aroma khas pantai dan merasakan sepoi angin pagi yang menenangkan, belum lagi burung—burung yang berada di sekitar panti berkicau melengkapi keindahan pantai tanjung Kelayang ini.

Pantai ini juga memiliki kedalaman laut yang sangat landai, jadi sangat cocok dan aman untuk anak-anak. Bahkan anda juga bisa bermain air dan berjalan di pinggiran laut yang landai dengan aman bersama anak-anak. Dan juga ombak yang ada di pantai ini juga tidak begitu besar sehingga anada tidak khawatir terbawa arus saat bermain air.

Panorama Sunset Wisata Tanjung Kelayang

Di sore hari anda juga bisa menikmati panorama sekitar pantai yang menakjubkan dengan duduk-duduk santai ataupun jalan-jalan di tepian pantai. Banyak juga lho muda mudi yang menunggu momen seperti ini, sebab suasana romantis akan terasa saat sore hari dengan memandangi indahnya sunset.

Bebatuan yang berada di kanan dan kiri pantai kelayang ini juga menambah kecantikan di Pantai Tanjung Kelayang. Selain itu jika kamu ingin melihat pameran budaya atau merasakan makanan khas yang ada di Belitung, kamu juga bisa datang saat adanya festival yang biasanya diselenggarakan tiap tahun. Karena di Pantai ini biasanya akan ada Festival kuliner yang akan menyajikan setiap kuliner khas belitung yang menggoda lidah untuk memakannya. Serta terdapat pula festival budaya yang memperkenalkan budaya-budaya dan adat Belitung.

baca juga : Adventure Pulau Ranoh Island Pantai Indah Pulau Abang Batam

Tertarik Mengunjungi Wisata Tanjung Kelayang ?

Gimana? Sangat mengasyikkan bukan? Dijamin kamu akan sangat penasaran dan ingin segera datang ke sana. Jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen istimewa, atau berfoto selfi di tempat yang memiliki keunikan di Tanjung Kelayang, karena sangat disayangkan jika keindahan Tanjung Kelayang tidak diabadikan dan memberitahu saudara-saudara yang ain untuk datang ke sana.

Untuk fasilitas, kamu juga tidak perlu khawatir, sebab di sini fasilitasnya sudah lengkap dan terjamin. Apalagi jika kalian ingin menginap kalian bisa menyewa resort-resort yang sudah ada di sekitaran Tanjung Kelayang.

Jangan lupa ya, untuk menikmati kuliner khas Belitung dan juga membawa oleh-oleh. Biasanya oleh-oleh di sini sangat beragam. Mulai dari jajanan Khas, souvenir, kaos dan masih banyak lagi.

10 thoughts on “Wisata Indonesia Bangka Belitung Tanjung Kelayang”

  1. Cantik banget! BaBel dari dulu udah masuk bucket list tapi eksekusinya gak jadi-jadi. Semoga segera terlaksana main kesana… liat foto Tanjung Kelayang jadi pengen ke pantai.. hihihi..

  2. Harus dimasukkan list ketika berkunjung ke Belitung ini ya. Santai kayak di Pantai

  3. ada transportasi umum menuju ke pantai tanjung kelayang kak ??

  4. Kalau ke Belitung udahlah, semuanya biruuuu, dpt wisata sepaket

  5. Semoga kesampaian tamasya ke Tanjung Kelayang. Baik yang di Bangka maupun yang di Belitung.

  6. wih keren banget, pengen ke Belitung secepatnya dah

  7. Wah patut dicoba nih berwisata ke Belitung.

  8. Belum pernah ke bangka sepertinya seru ya

  9. belom pernah ke babel…
    dari dulu baru sebatas rencana
    semoga kesampaian
    alamnya mirip dgn kepri ya

  10. Babel cantik ya, MasyaAllah.
    Impian saya berlibur sekeluarga menikmati kecantikan alam seperti ini..

Leave a Comment